Thursday, June 01, 2017

Gunung Prongos Trenggalek, Si Perawan yang Cantik Menawan

Gunung Prongos di Desa Bendoagung, Kec. Kampak, Kab. Trenggalek ini membuat saya takjub! Pemandangannya sungguh memanjakan mata meskipun jalan menuju kesini tidaklah mudah.

Saya dan kakak sepupu saya menempuh perjalanan dari Ponorogo ke Gunung Prongos Trenggalek dengan mengandalkan rute yang ada di Google Maps dengan menggunakan sepeda motor. Rute tercepat yang diberikan Google Maps ternyata membuat kami harus melewati jalanan berbatu-batu, penuh tanjakan curam dan ada beberapa sisi yang rusak. Kami sudah bisa membayangkan bahwa jalanan itu pasti tidak akan bisa dilewati kendaraan biasa saat musim hujan...

Untuk para traveler yang ingin berwisata ke Gunung Prongos, sebaiknya mengambil rute yang melewati Jl. Raya Karangan (jalan raya besar) untuk meminimalkan bertemu dengan jalanan yang sulit dilewati seperti kami.

Begitu sampai di Gerbang Gunung Prongos, kondisi jalanan juga tidak mulus. Jalannya belum diaspal sama sekali, berbatu-batu dan sedikit menanjak. Para traveler sebaiknya menggunakan sepeda motor dengan kondisi prima sebelum kesini.

Perjalanan yang tak mudah akhirnya terbayar saat kaki-kaki kami menginjak Gunung Prongos. Wow, pemandangannya luar biasa indah! Tempat ini masih sepi pengunjung meskipun nampak bahwa tempat ini 'pernah' dikelola.

Beberapa fasilitas yang ada terlihat tak terurus. Ada sebuah gardu pandang (namun tangganya hilang, jadi kalo ingin naik ke atas harus 'terbang' hehehe), ada 'jembatan cinta' dari bambu untuk selfie sukaesih (kondisinya masih lumayan bagus kalo yang ini), ada bangku-bangku kayu untuk duduk-duduk cantik sambil menikmati pemandangan nan hijau di bawah dan beberapa warung yang sudah reyot.

Mungkin karena kondisi jalanan menuju Gunung Prongos tergolong sulit (dan mungkin tidak bisa dijamah saat musim hujan), makanya tempat ini menjadi terbengkalai. Tapi kalo kalian adalah traveler yang punya jiwa petualangan tingkat dewa seperti kami berdua (uhuk), tempat ini pasti menantang untuk kalian taklukkan!

Para biker, pecinta off road, pendaki gunung, pecinta alam, panjat tebing, penggemar wisata adrenalin...ini adalah surga kalian!! Bagi yang suka liburan ala city tour, mungkin harus minggir dulu sementara waktu karena jalanan belum memadai untuk berwisata manjaahh (daripada nangis di tengah jalan hihihi).

Oh ya, belum ada tiket masuk ke Gunung Prongos. Tidak ada tempat sampah pula disini. Jadi kalian harus berhati-hati menjaga alam dan lingkungan. Bawa perbekalan secukupnya sebelum ke Gunung Prongos dan bawa sampahmu pulang! Kalo nemu sampah plastik disana, ambil dan bawa keluar juga. Keep nature clean and enjoy adventure!



No comments: