Thursday, May 24, 2018

Dalat - City of Spring in Vietnam

Piye perasaanmu lek mendadak terdampar di sebuah kota asing, diluar rencanamu, di negara antah berantah, yang bahasanya tak kau mengerti...?

Ya begitulah, myumyet plus deg-degan pastine hahaha.

Waktu saya solo backpacking ke Vietnam lalu, saya 'terpaksa' nyasar di kota ini, Dalat!

Kota ini gak masuk dalam trip plan saya. Awalnya saya cuma mau explore Mui Ne trus transit ke Dalat bentar, setelah itu terbang ke Hanoi.

Tiket bus dari Mui Ne ke Dalat sudah saya pesen, day tour ke Mui Ne sudah saya book, tiket pesawat dari Dalat ke Hanoi juga sudah saya bayar...eh mendadak kersane Gusti Allah, beberapa hari sebelum saya memulai perjalanan ke 4 negara mencari kitab suci...eh, mencari pangeran ganteng #Ea...mendadak penerbangan saya dari Dalat ke Hanoi di reschedule!

Hedeh, udah kepalang tanggung cyin, saya sudah gak bisa ngrubah trip plan saya lagi...jadinya, nikmati saja...

Saat di Ho Chi Minh City, saya berdiskusi lama dengan pihak The Sinh Tourist, tempat saya pesen bus dan tour selama di Vietnam. Puji Tuhan, mereka bisa handle semua 'kekacauan' yang disebabkan reschedule jadwal penerbangan ini dengan baik.

Emang saya harus berkorban dikit. Waktu saya explore Mui Ne jadi singkat. Cuma sempet berkunjung ke White Sand Dunes doang. Trus kudu naik bus ke Dalat jam 7 pagi. The Sinh Tourist ngusahain saya ikut keangkut bus, padahal bus-nya udah full tuh. Puji Tuhan, mereka bisa nyediain satu kursi tambahan agar saya gak telat sampai Dalat. Soalnya jadwal penerbangan saya yang seharusnya malam hari, diganti sore hari.

Lah, karena saya gak merencanakan tour di Dalat...akhirnya saya jadi anak ilang disini hahaha. Muter kesana, muter kesini...poto-poto dewe...ngabisin waktu pokoknya. Yg seru lagi saat nyari bus dari pusat kota Dalat ke Bandara Dalat...alamak, itu kudu nyomong-nyomong ngomongnya coz yang diajak ngobrol gak mudeng bahasa Inggris! #Uhuk

Btw, Dalat cukup indah kok. Kotanya termasuk modern. Banyak bangunan yang menurut saya justru kiblat ke Eropa daripada Asia. Ada danau ditengah kota yang dikelilingi taman bunga. And wow, ada sakura juga disana! Waktu saya disana, sakuranya baru kuncup-kuncup. Seru juga kalo ngebayangin pas sakuranya mekrok hehehe. Gak perlu ke Jepang deh buat lihat sakura. Vietnam juga ada...

Nah, puji Tuhannya lagi...saat saya mendarat di Hanoi...wow, suhunya nge-drop mbok. Di Dalat suhu udara normal kayak negara-negara Asia lainnya, sekitar 25-30 C. Lha kok di Hanoi suhunya 10 C. Sigh, saya keluar dari pesawat langsung membeku *_*.

Saya bersyukur jadwal penerbangan saya di reschedule pada akhirnya. Bayangkan jika jadwal penerbangan saya gak di reschedule...saya mungkin lebih menderita lagi saat di Bandara Hanoi. Karena menurut jadwal, saya tiba di Hanoi jam 1 pagi dan saya rencana tidur di bandara.

Oh God, terima kasih buat pemeliharaanMu!

Setiba saya di Hanoi, saya ganti outfit (pake jaket, kupluk, plus syal) trus langsung naik bus ke penginapan saya. Untungnya di penginapan, ada satu kamar kosong buat saya nginep malam itu. Jadi saya terselamatkan dari hawa dingin yang bukan konsumsi wong Indonesia dari Ponorogo ini...

Ah, selalu ada cerita seru di setiap perjalanan...See you again Dalat!