Wednesday, May 22, 2019

Light of Peace 2019 (Vesak Day) - Borobudur, 18 May 2019

Sudah lama sekali saya pengen ikutan nerbangin lampion saat Hari Waisak di Borobudur. Event ini masuk ke dalam salah satu 'A must to do list' di hidup saya. Meskipun saya bukan umat Budha, tapi saya tetap antusias untuk mengikuti acaranya.

Prosesi penerbangan lampion di Borobudur pun dikemas bukan hanya untuk umat Budha tetapi juga untuk umum. Karena itu, ketika saya mempunyai kesempatan untuk melakukannya, saya langsung mengemas ransel menuju Borobudur Magelang.




Tiket untuk penerbangan lampion bisa dibeli on the spot di Candi Mendut & Candi Borobudur seharga Rp. 100.000. Harus cepat-cepat saat hunting tiket ya, karena peserta penerbangan lampion di Borobudur selalu meningkat dari tahun ke tahun. Saya sendiri membeli tiket untuk penerbangan lampion di Candi Mendut sekitar jam 11 pagi agar tak kehabisan.

Di tahun 2019 ini, ada sekitar 5000 lampion yang diterbangkan di Borobudur. Penerbangan lampion dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 20:00 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 22:00 WIB.

Saya mengikuti prosesi penerbangan lampion di sesi kedua dan beruntung sekali karena di sesi kedua ini seluruh peserta diberi kesempatan untuk menerbangkan lampion sebanyak dua kali! *Bonus euy!!

Oh ya, karena ini adalah rangkaian perayaan Hari Raya Waisak, peserta juga dihimbau untuk memakai pakaian yang sopan dan *kalau bisa* berwarna putih seperti dress code yang dipakai oleh umat Budha yang merayakan Waisak disana.


No comments: