Wednesday, May 14, 2008

When Got a Failure

Oleh : Angelina Kusuma

Saya baru saja membeli beberapa unit komputer seminggu yang lalu. Ketika mulai menghidupkan komputer-komputer tersebut, saya menemukan satu kejanggalan terjadi saat menyalakan komputer yang terakhir. Spesifikasi komputer-komputer yang baru saya beli ini memungkinkan komputer menyala tanpa suara gaduh - seharusnya. Tetapi ketika saya selesai menekan tombol power komputer yang terakhir untuk melakukan pengecekan software dan hardware yang terpasang didalamnya, tiba-tiba terdengar suara gemerisik dari CPU yang cukup mengganggu pendengaran saya.

Penasaran dengan kejanggalan itu, saya lantas mematikan CPU kembali dan membongkarnya. Hasilnya ? Saya menemukan sebuah baut kecil yang terlepas ada disana. Baut kecil itu kemungkinan besar ikut terguncang-guncang didasar casing akibat getaran dari komponen hardware CPU yang menyala dan menimbulkan suara berisik yang saya dengar sebelumnya.

Baut kecil yang terlepas didalam CPU itu jelas sebuah kesalahan dari teknisi yang merakit komponen-komponen komputernya. Entah baut yang terlepas tersebut berasal dari baut untuk merakit hardware yang ada didalam CPU atau baut itu memang tidak sengaja tertinggal disana sewaktu mereka menutup casing CPU dan meskipun ukurannya kecil, baut terlepas yang dibiarkan ada didasar CPU itu cukup membuat suara berisik yang tidak sebagai mana mestinya.

Kesalahan besar ataupun kecil, tetaplah sebuah kesalahan. Harus diluruskan atau diperbaiki dengan segera agar tidak menimbulkan akibat-akibat yang lebih serius lagi dikemudian hari. Jika kita melakukan kesalahan dalam hidup kita, demikian juga kiranya. Jangan pernah menganggap bahwa, "Akh, kesalahan kecil aja ... gampanglah diperbaiki nanti ..."

Satu musuh terlalu banyak dibandingkan seribu sahabat. Satu kesalahan kecil juga terlalu banyak dibandingkan seribu hal-hal baik yang kita punya atau pernah kita lakukan. Menunda pekerjaan adalah suatu hal yang sia-sia. Jika kita mampu mengerjakan sesuatu hal saat ini juga, kenapa harus menunggu hari esok untuk melakukannya ?

So, if you find a mistake or doing some failure, repair it as soon as posible. Don't wait tomorrow come and waste time just for the wrong side in your life.


No comments: