Monday, June 30, 2008

Mengikis Jejak dari Past Relationship

Oleh : Angelina Kusuma

La : Hai. Angel

Enjie : Ya

La : Ummm lagi sibuk ga yah?

Enjie : Ga. Kenapa

La : Ummm bole ga share-share story with you? Kita memang belum kenal sih. Tapi aku udah beberapa kali baca email di milis ge** dari Angel and it bless me

Enjie : Bole aja

La : Maybe about relationship aja kali yah kalo bole hehehe

Enjie : Ok de. Silahkan, aku dengerin sharenya

La : Aku namanya La. Salam kenal yah

Enjie : Salam kenal juga, aku sering dipanggil Enjie. Udah kenal kan ya

La : Hehehe iya. Okie, aku panggil Enjie aja yah. Ummm gini sih sebenernya, intinya aku belum bisa melepaskan orang yang aku sayang. Susahhhh banget. Umm gimana ya ceritanya bingung juga hehehe

Enjie : Pengen nglupain orang dari past relationship gitu?

La : Justru itu sebenernya ga pengen ngelupain karna aku sayang banget sama dia. Aku udah lama sih ga kontak ma dia. Udah setengah taon bener-bener ga kontak. Sempet bisa melalui hari-hari tanpa dia. Tapi belakangan ini jadi kepikiran dia terus. I'm trying to contact him but he don't want to answer. He's just ignoring me

Enjie : Udah ada kata putus ato masih ngantung?

La : Januari kemarin dia bilang jalanin hidup sendiri-sendiri

Enjie : Oic. Berarti kamu yang belum rela ya. Kalo dari dia alasannya buat jalani hidup masing-masing karena apa?

La : Yah, dia cuma bilang jalanin hidup sendiri-sendiri. Dia bilang sama aku kehidupan dia rusak. Udah ga ada lagi yang bisa diharapin dari dia. Jadi dia sengaja jahatin aku supaya aku pergi dari dia. Tapi jujur aku ngerasain kok kalo dia itu sebenarnya sayang sama aku

Enjie : Ehm gitu ya. Dia ma kamu ada disatu kota ato beda?

La : Satu kota kok. Sama-sama di Jakarta. Aku sms ga dibales. Telp ga dijawab

Enjie : Kalo sms or telp ga mau jawab berarti emang dia udah ga mau dikontak lewat itu. Kalo mo nyoba ngubungi dia, cari jalan lain

La : Udah ga bisa deh sepertinya

Enjie : Misalnya tanya ke orang-orang terdekat dia langsung gitu

La : Aku bingung aku harus gimana. Aku sempet nanya orang rumahnya apa dia udah punya cewe. Tapi kata orang rumahnya ga ada

Enjie : Hmm, mau ga mau ya harus rela sist

La : Harus rela? Hemmmmm

Enjie : Emang berat diawal sie, cuma kalo satu pintu relationship udah tertutup rapat sampai kapanpun kecuali dia pribadi yang buka, ga akan bisa dibuka oleh siapapun

La : Tapi aku sayang banget sama dia

Enjie : Ya aku tau. Lepas dari orang yang paling berarti buat kita emang sulit. Tapi kan bukan berarti kamu ga berjodoh dengan dia lho. Bisa jadi ini adalah ujian bagi kalian berdua aja. So, semacam perpisahan sementara aja

La : Aku mikir gitu yah. Udah lama ga kontak. Udah setengah taon. Aku coba kontak tapi ga dibales. Aku mikir apa dia ga ada rasa kehilangan yah gitu? hiks. Sedih loh. Cuma pengen denger suara 'halo' dia aja tuh ga bisa. Dia udah bener-bener menutup diri banget buat aku. Sedih

Enjie : Kalo udah setengah tahun berarti 6 bulan ya?

La : Iya

Enjie : Aku cuma mau bilang jangan 'berhenti' disatu titik aja. Menunggu dengan berpangku tangan itu waste time

La : Kemarin-kemarin aku bisa ga mikirin dia. Tapi tiba-tiba akhir-akhir ini aku jadi mikirin dia. Jadi kangen

Enjie : Kalo kangen itu ya pasti akan datang dan pergi selama kamu belum bisa merubah perasaan sayang dari seorang cewe ke cowo ke bentuk lain, misalnya sayang ke saudara. Itu perasaan yang wajar kok. Yang penting, jika perasaan kangen itu datang kamu harus segera mengambil sikap buat positive thinking. Alihkan ke hal-hal yang menguras pikiranmu hingga bisa beralih ga cuma mikirin dia aja. Dari situ akan ada proses pembelajaran buat pendewasaan iman

La : Kenapa ya padahal aku sms cuma nanya kabar loh. Tapi dia ga pernah mau jawab

Enjie : Nah itu. Mungkin emang dia bener-bener udah ga mau buka pintu relationship lagi buat kamu. Jadi disini kamu harus belajar berbesar hati. Dari awalnya kan laki-laki diciptakan untuk menjadi pemimpin wanita. Pada dasarnya jika cowo udah sayang bener ma seorang cewe, dia akan ngejar cewe itu kemanapun dia pergi. Lha ini kasusnya dia udah ga mau kamu kejar, jadi ya kemungkinan besar dia sedang dalam keadaan emang ga mau menjalin relationship dengan kamu di waktu dekat ini. Itu perkiraanku sie

La : Tapi dia membenci aku ga? Apa jangan-jangan dia udah benci sama aku? Makanya dia udah ga mo kontak

Enjie : Ga usah berfikir bahwa dia benci kamu. Beri dia waktu buat sendiri deh. Dan kamu ... lanjutkan hidupmu

La : Menurutmu suatu hari dia akan mencari aku ga?

Enjie : Aku ga bisa nebak hari depan sie. Cuma yang aku tau kalo dalam posisimu sekarang ya kamu harus bener-bener jaga hati

La : Jaga hati yang seperti apa?

Enjie : Ga perlu khawatir siapa yang akan jadi pasangan hidupmu nanti, yang penting kamu harus menerima segala hal yang terjadi dalam hidupmu sampai sekarang. Menikah itu bukan tujuan hidup kita yang 'utama' sist. Kita hidup tujuan utamanya itu untuk menyenangkan hati Bapa kita dengan sikap dan tingkah laku kita. Pernikahan kita 'hanya' sebuah bonus yang akan kita terima dari Dia jika kita setia akan panggilan hidup kita. Jadi ... kejar yang utamanya dulu yaitu Yesus, baru bonus yang lain-lain akan Dia beri seturut kehendak-Nya. Jaga hati itu ya bentuk kamu menjaga fokus ini. Kalo fokus hidupmu udah bergeser bahwa kamu harus mendapatkan laki-laki A, B, atau C ... berarti fokusmu udah ga seturut kehendak Bapa lagi. Fokus yang harus kamu jaga dalam hatimu adalah menempatkan Yesus diatas segalanya. Percaya deh, Yesus aja udah cukup buat mengatur seluruh elemen hidupmu asal kamu percaya sama Dia

La : AMIN. Setuju deh Jie. Tapi aku sulit untuk membiarkan dia. Cowo itu maksudnya

Enjie : Ya harus terus belajar. Belajar kan ga cuma sehari dua hari, tapi butuh proses

La : Nah kalo misalnya dedenya dia ajak aku pegi maen ke rumahnya, menurut kamu aku bole pergi ke rumahnya ato ga?

Enjie : Ya boleh aja. Asal disini kamu harus jaga hati itu tadi. Jaga hati emang susah. Dalam hal ini, hubunganmu ma cowo itu kan hanya sebatas teman. Kamu juga harus sadar bahwa sebagai teman kamu ga bisa ngarepin dia seperti saat jadi pacarmu. So, kalo nantinya sikapnya kaku ato ga ramah terhadap kamu saat kamu ke rumahnya ya jangan sedih or marah

La : Sepertinya dia pun sudah tidak mau mengenal aku

Enjie : Bersikap santai aja kalo dia begitu. Yang penting jangan balas dengan hal-hal yang negatif. Tanamkan aja dalam dirimu bahwa kalian teman. Trus ya bersikap sewajar-wajarnya sebagai teman aja. Perkara nanti akan berlanjut ke relationship lagi or not itu udah urusan Tuhan. Serahin ke Dia

La : Yah, dia berteman aja udah kaga mau

Enjie : Ya udah. Itu kan bukan tanggung jawabmu kalo dia ga mau temenan ma kamu. Yang penting dari kamunya ga ada rasa benci or memutuskan pertemanan meski kalian udah bukan pacar lagi

La : Dari aku sih aku ga pernah mau bgeitu. Yang aku mau meskipun udah ga bersama aku masih mau temenan. Tapi ternyata dia tidak mau

Enjie : Yah serahin ke Tuhan aja bagian itu. Tugasmu adalah menjaga sikapmu, soal dia itu mah pengaruh hubungan dia sendiri ma Tuhan. Kita ga bisa campur tangan mengenai keselamatan orang lain kan? Yang nentuin cuma orang itu sendiri dan Yesus, orang terdekatpun ga bisa ngutik-utik

La : Iya sih bener. Setuju. Berarti aku udah harus bener-bener relain donk yah?

Enjie : Yup

La : Udah bener-bener lost contact gitu?

Enjie : Ya haruslah. Hubungan itu harus dari dua belah pihak. Kalo yang satu sisi udah ga bisa diajak hubungan lagi ya udah ga bisa diterusin

La : Dia akan inget aku ga ya? Ato malah sebaliknya? Dia udah lupa sama aku?

Enjie : Positive thinking aja. Ga usah mikirin hal-hal yang ga kamu ketahui secara pasti

La : Owh okie deh. Sip sip

Enjie : Aku juga saranin jangan nutup diri buat laki-laki lain ya. Kalo ada yang mau deket ke kamu jangan kamu tolak hanya gara-gara kamu ga bisa nglupain laki-laki yang dulu

La : Nah justru itu. Setiap ada yang deketin tuh aku kayak ngerasa bersalah gitu sama cowo itu. Aku ngerasa aku masih sayang sama dia

Enjie : Wah jangan. Kamu harus mulai menata hidupmu. Yang lalu ya biar berlalu. Yang penting adalah masa depan. Kalo pandanganmu masih ke belakang terus, yang didepan ga mungkin kelihatan. Entah yang didepan nanti dia atau orang lain, yang harus kamu pandang itu yang didepan. Istilahnya, bersihkan dirimu dari past relationship dulu sebelum mengarah ke next relationship. Itu perlu sekali. Hati yang kita miliki harus kita berikan 'pure' 100% buat pasangan hidup kita yang benar. Jadi kalo mo buka lembaran relationship yang baru, semua jejak-jejak yang dulu harus bersih dulu. Meskipun nanti didepan kamu kembali dipertemukan dengan laki-laki yang sama, nah berarti kalian adalah dua pribadi yang 'baru' juga. Ini prinsip relationship yang sehat

La : Begitu yah? Hemmmm ok deh. Makasih yah. Hari ini aku dapat pencerahan dari kamu hehehehe. Thanks a lot yah

Enjie : Sama-sama. Semangat !

La : Hehehe iya nih harus semangat. Thanks yah, God bless

Enjie : Ok deh, God bless too

No comments: