Friday, September 22, 2017

Pantai Watu Bale, Pantai 'Rasa Gunung' di Pacitan

Pantai ini tak punya hamparan pasir seperti pantai-pantai pada umumnya. Pengunjung harus berjalan kaki mendaki sebuah bukit terlebih dulu untuk mendapatkan spot foto terbaik. Dari atas puncak bukit, kamu bisa melihat sebuah batu besar yang seakan-akan timbul dari dalam laut. Batu itulah yang disebut sebagai Watu Bale (mungkin karena bentuknya mirip bale-bale).

Belum ada tiket masuk ke pantai ini. Ada beberapa bangunan beratap ijuk di bukit yang bisa dipakai sebagai tempat berteduh, duduk-duduk santai dan mempercantik hasil foto-foto.




Ada sebuah warung sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman ringan sebelum ke jalan pendakian bukit. Kamu bisa membeli makanan/minuman disitu, tapi harus tetap membawa sampah-sampahmu keluar dari Pantai Watu Bale ya...

Karena pantai ini belum dikelola dengan baik, belum ada tempat sampah yang memadai di sekitar pantai...maka di beberapa tempat banyak berserakan sampah-sampah plastik yang ditinggal oleh pengunjung tak bertanggung jawab. Jika kamu sempat, bawalah sampah-sampah plastik itu beserta sampah-sampahmu sendiri keluar dari area pantai agar keasrian tempat wisata yang keren ini tetap terjaga.

Pantai Watu Bale sendiri merupakan salah satu pantai di jajaran pantai-pantai sekitar JLS (Jalur Lintas Selatan). Pantai ini sejalur dengan Pantai Soge, Pantai Pidakan, Pantai Taman, Pantai Tawang dan sebagainya. Luangkan waktu yang cukup agar kamu bisa sekaligus meng-explore pantai-pantai lain yang sejalur dengan Watu Bale.

No comments: