Sunday, September 03, 2017

Parade Reyog Obyog 2017 di Aloon-aloon Ponorogo

Parade Reyog Obyog 2017 kali ini diselenggarakan di Aloon-aloon Ponorogo (2 September 2017) dengan menampilkan 40 buah Dadak Merak, 80 Pembarong, 80 penari Jathil dan 20 penari Bujang Anom.

Parade Reyog Obyog merupakan tarian massal dengan tujuan untuk 'ngruwat' Kota Ponorogo agar terhindar dari mara bahaya dan gangguan roh-roh jahat. Ada doa-doa khusus kepada Tuhan yang dipanjatkan bersama-sama sebelum Parade dimulai.

Rombongan Reyog Obyog diberangkatkan secara serentak dari 4 titik di Kota Ponorogo (Perempatan Tambakbayan, Pertigaan Ngepos, Perempatan Njenes, Pasar Pon) jam 3 sore (ba'da Ashar).




Di masing-masing titik, ada 10 buah Dadak Merak, 20 Pembarong, 20 penari Jathil dan 5 penari Bujang Anom yang berjalan sambil menari sampai semua rombongan bertemu di depan Pendopo Agung Aloon-aloon Ponorogo jam 4 sore.

Puncak acara Reyog Obyog adalah tampilan setiap karakter-karakter Reyog (Jathil, Bujang Anom, Dadak Merak) di depan Bapak Bupati/Wakil Bupati Ponorogo, para tamu undangan dan seluruh masyarakat Ponorogo beserta turis-turis (baik turis lokal dan manca negara) yang turut hadir Sabtu sore itu.

Monggo, kunjungi Ponorogo di bulan September 2017 ini. Ada banyak kegiatan digelar di Kota Reyog dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ponorogo dan Perayaan Grebeg Suro.

Jadwal Kegiatan Grebeg Suro Ponorogo 2017

No comments: