Thursday, November 09, 2017

9 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba Jika Kamu Bertandang ke Kota Reyog, Ponorogo!

Ponorogo tak hanya terkenal dengan kesenian Reyog-nya. Kota ini juga punya banyak kuliner khas yang wajib dicoba seperti berikut ini:

1. Sate Ayam Tukri

Sate Ayam Tukri merupakan kuliner khas paling terkenal dari Ponorogo. Sate Ayam Ponorogo punya berbagai varian. Nah, salah satu tempat makan Sate Ayam yang paling ramai di Ponorogo adalah Sate Ayam H. Tukri Sobikun ini. Mulai dari Ahmad Dhani, mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden RI sekarang Bapak Jokowi pernah mampir kesini lho.

Ciri Sate Ayam Tukri adalah potongan daging ayamnya lebih besar dan bernas.




2. Soto Borang

Bisa dikatakan, Soto Borang adalah soto asli Ponorogo. Rasanya kaya rempah dan enak. Soto Borang biasanya disajikan dengan Sundukan (potongan jerohan ayam yang dibentuk seperti sate).




3. Sate Ayam Setono

Sate Ayam Setono ini juga merupakan sate khas asli Kota Reyog! Rasanya juga seenak Sate Ayam Tukri (beda rasa bumbunya), tapi potongan daging ayamnya sedikit lebih kecil. Sate Ayam Setono banyak ditemui di gerobak-gerobak di pinggir jalan. Sate Ayam Setono ini sudah seperti franchise gitu sistemnya. Beda dengan Sate Ayam Tukri yang hanya ada di satu lokasi saja di Ponorogo.


 

4. Sego Gegog

Siapkan mentalmu kalo ingin mencicipi kuliner yang satu ini. Sego Gegog ini rasanya pedas. Buat kamu pecinta cabe, wajib coba yang satu ini. Dijamin nampol rasanya!




5. Nasi Pecel Iwak Kali

Pecel Ponorogo berbeda dengan Pecel dari Madiun dan kota-kota lainnya di Jawa Timur. Nasi Pecel Ponorogo rasanya lebih 'berani' (lebih pedas dan lebih banyak lauknya) daripada Pecel dari kota lainnya. Salah satu lauk yang paling diminati dari Pecel Ponorogo adalah Iwak Kali (Wader) dan Pia-pia.



6. Gethuk Golan

Ponorogo juga kaya akan makanan tradisional. Salah satunya Gethuk Golan ini guys...Rasanya legit dan super yummy. Harganya juga murah, cuma sekitar Rp. 2.000.




7. Serabi

Serabi Ponorogo rasanya gurih. Dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan parutan kelapa muda. Dijamin ketagihan dengan makanan tradisional yang satu ini. Harganya juga cuma Rp. 1.000 doang per biji!



8. Garangasem

Garangasem merupakan makanan yang terbuat dari potongan ayam dengan bumbu pedas asam. Rasa pedas berasal dari cabe dan rasa asamnya berasal dari buah Belimbing Wuluh. Presiden RI Jokowi dan presenter Si Benu Bulo juga pernah memcicipi kuliner yang satu ini lho. Mantappp pedasnya!




9. Dawet Jabung

Minuman yang satu ini juga menjadi ikon kuliner khas Kota Ponorogo. Rasanya manis dan penjualnya rata-rata juga wanita-wanita manis hahaha. Mitosnya, kalo penjual Dawet Jabung memberikan mangkuk dawet beserta lepeknya (tatakan mangkuk) kepadamu, berarti dia masih lajang (bisa perawan atau janda). Nah, kalo penjualnya tidak mau memberikan lepeknya kepada pembeli, berarti dia sudah menikah gitu guys...




Selamat berlibur ke Kota Reyog, Ponorogo. Kapan-kapan saya akan menulis tentang kuliner khas Ponorogo lainnya...

Silahkan subscribe ke channel YouTube saya juga jika ingin tahu Ponorogo lebih lanjut. Salam!

No comments: