Thursday, February 06, 2020

Itinerary Lasem 3H2M

Hello travelers...

Buat kamu yang tertarik untuk explore Kota Lasem, berikut ini adalah itinerary saya selama 3 hari 2 malam solo backpack-an disana. Tempat-tempat wisata di Lasem kebanyakan wisata sejarah. Jadi kalo kamu demen belajar hal-hal yang menyangkut history, so this is the right place for you!




Itinerary Lasem 3H2M

Hari ke 1:
- Makan siang Soto Kemiri di Roemah Oei
- Check in ke penginapan Omah Idjo sekaligus melihat Batik 3 Negeri di galeri mereka
- Tiongkok Kecil Heritage Lasem
- Omah Batik Lasem
- Melihat pembatik yang sedang berkarya di Rumah Merah
- Makan sore dengan Jus Kawis & Ayam Geprek
- Klenteng Cu An Kiong

Hari ke 2:
- Explore Omah Idjo yang khas bangunan Belanda - Jawa
- Explore Roemah Oei
- Masjid Jami Lasem
- Klenteng Gie Yong Bio
- Klenteng Po An Bio
- Makan siang dng Lontong Tuyuhan (sarapan sudah dapat dari penginapan)
- Omah Lawang Ombo/Rumah Candu
- Klenteng Cu An Kiong utk mendapat view siang hari
- Pantai Caruban
- Mencicipi Yopia & Kopi Lelet di Roemah Oei
- Kembali ke sekitar Rumah Merah & Tiongkok Kecil Heritage Lasem, view malamnya cukup keren dng lampion-lampion merah yg cantik

Hari ke 3:
- Pondok Pesantren Kauman Lasem
- Melihat anak-anak yg sedang berlatih seni Liong & Barongsai di Rumah Merah
- Melihat pembatik di Workshop Batik Tulis "Pusaka Beruang"


Transportasi Menuju Lasem

Saya memilih jalur Pantura sebagai jalan saya menuju Lasem. Saya naik bus ekonomi dari Surabaya jurusan Semarang kemudian turun di Masjid Jami Lasem. Perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam. Harga karcis bus sekitar Rp. 32.000 (berangkat) dan Rp. 36.000 (pulang). Selama di Lasem saya lebih banyak jalan kaki kemana-mana karena letak tempat-tempat wisata yang saya tuju berdekatan dan memungkinkan untuk saya jelajahi dengan kaki. Saya hanya menggunakan jasa ojek biasa saat berangkat ke Pantai Caruban dan jasa ojek online saat kembali dari pantai ke penginapan. Selain ojek, pengunjung juga bisa mencoba Becak, Kereta Kuda (Andong) dan Sepeda Unto untuk berkeliling kota Lasem. Tarif sewa Sepeda Unto (sepeda tua zaman dulu) seharga Rp. 20.000 untuk sehari.


Penginapan Lasem

Ada beberapa penginapan eksotis di Lasem yang bisa dipilih pengunjung. Diantaranya Tiongkok Kecil Heritage Lasem, Roemah Oei, Omah Idjo, Omah Londo, dll. Karena saya solo backpacker, saya memilih 1 kamar non AC di Omah Idjo. Harga kamar saya Rp. 100.000/malam dengan fasilitas: handuk, peralatan mandi (sikat gigi, pasta gigi & sabun), kamar dilengkapi dengan kipas angin dan sarapan.


Tempat wisata alam lain yang bisa kamu explore di Lasem (saya tak sempat mendatanginya): Pantai Karang Jahe, Hutan Mangrove Jembatan Merah, Trembesi Tua.
Makanan yang juga belum sempat saya cicipi di Lasem tapi juga layak untuk kamu coba: Dumbeg, Urap Latoh, Sate Srepeh.
Aktivitas lain yang bisa kamu explore di Lasem: melihat proses pembuatan Yopia (saat saya kesana sedang tak ada pembuatan Yopia karena hari Minggu).

 
Enjoy Lasem!!

No comments: