Wednesday, July 15, 2009

Berwisata Sejarah di House of Sampoerna Surabaya

Oleh : Angelina Kusuma

Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan, menyimpan banyak potensi wisata sejarah, salah satunya adalah House of Sampoerna. Dengan memadukan empat hal, museum, art gallery, kios, dan cafe di satu kawasan, menempatkan House of Sampoerna sebagai salah satu tempat wisata yang mengandung hiburan, sejarah, sekaligus pengetahuan.

Berlokasi di Jl. Taman Sampoerna No.6, Surabaya, Jawa Timur, House of Sampoerna menggunakan bangunan kuno warisan zaman Belanda yang dibangun pada tahun 1862. Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna, membeli tempat ini di tahun 1932 dan kemudian menjadikannya sebagai tempat produksi rokok Sampoerna yang pertama.


Museum

Museum House of Sampoerna pasti menawarkan pengalaman menarik bagi para pengunjungnya. Kisah keluarga pendiri Sampoerna dikemas dalam berbagai foto dengan sentuhan ornamen klasik tempo dulu, lengkap dengan fasilitas yang digunakan dalam produksi rokok saat masih menggunakan peralatan tradisional.

Didalam museum ini anda bisa menemukan berbagai macam jenis-jenis tembakau dan cengkeh serta cara pemrosesannya, mulai dari pencampuran, hand-rolling dan pengemasan, pencetakan, sampai pemolesan akhir sebelum rokok-rokok tersebut dipasarkan ke konsumen. Tak hanya itu, benda-benda langka seperti sepeda 'unta', meja, kursi, lemari, dan lampu kuno, telepon model zaman dulu, sepeda motor unik, oven tradisional Sumbawa, peralatan drum band dan marching band lengkap dengan seragamnya, tiruan warung tradisional, brankas model kolonial Belanda, dan lain-lain juga bisa anda jumpai disini.

Kios

Bertempat di bangunan lain yang lebih kecil ukurannya, sebelah Timur Museum, ada Kios bernuansa distro yang menyediakan berbagai merchandise berupa mug, t-shirt, jaket, asbak, topi, tas, dan lain-lain. Anda bisa memilih dan membeli merchandise yang anda sukai untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga atau sahabat di rumah.

Cafe

Tepat di belakang Kios, anda akan menemukan ruangan Cafe dengan sentuhan art deco nan kreatif, hiasan lukisan-lukisan, dengan meja, kursi, jendela, dan lampu-lampu klasik. Nuansa modern-old design sangat terasa di sepanjang ruangan Cafe di House of Sampoerna. Disamping itu, ada penampilan live music yang akan menemani suasana makan anda saat petang tiba. Menu yang ditawarkan di Cafe ini berupa makanan Asia dan Eropa yang dijamin akan memuaskan lidah penikmatnya.


Art Gallery

Art Gallery berada di bangunan belakang Kios dan Cafe. Banyak karya seni hasil seniman terkenal berupa lukisan abstrak dan patung-patung yang dipamerkan di ruangan Art Gallery berlantai dua ini, siap untuk dibeli atau disewakan kepada pengunjung yang tertarik.

Rumah Keluarga Sampoerna

Rumah Keluarga Sampoerna tidak dibuka untuk umum. Letaknya di bangunan sebelah Barat Museum. Di antara Museum dan Rumah Keluarga Sampoerna ada sebuah tempat parkir berisi mobil Rolls Royce dengan plat nomor SL 234 yang melambangkan merk dagang sebuah rokok produksi Sampoerna, yaitu Djie Sam Soe = 2 3 4.

Beberapa informasi seputar House of Sampoerna

Mengingat bahwa House of Sampoerna merupakan museum perusahaan rokok, pengunjung dibawah usia 18 tahun tidak diperbolehkan masuk, kecuali dibawah pengawasan orang tuanya. Untuk pengunjung dalam jumlah 25 orang ke atas juga harus membuat pemberitahuan tertulis minimal satu minggu sebelumnya kepada pihak pengelola House of Sampoerna.

Tidak ada pungutan biaya dalam bentuk apapun di kawasan House of Sampoerna. Mulai dari tempat parkir, masuk ke Museum dan Art Gallery sampai penggunaan SHT, semuanya gratis. Selama di House of Sampoerna anda akan ditemani para pemandu wisata yang sangat ramah dan siap memberikan semua informasi mengenai House of Sampoerna baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sejak 9 Juni 2009, House of Sampoerna juga menyediakan angkutan bis tamasya gratis ke tempat-tempat bersejarah di Surabaya lainnya (Surabaya Heritage Track atau SHT) kepada pengunjung.

Bagi penggemar fotografi, anda diperbolehkan melakukan pengambilan gambar dan video disekitar kawasan House of Sampoerna untuk kebutuhan pribadi. Jika ada yang ingin melakukan pengambilan foto atau video dengan tujuan khusus seperti acara pertunangan atau pernikahan, anda harus mendapat persetujuan lebih dulu dari pihak pengelola House of Sampoerna.

Jam buka

Museum dan Kios buka setiap hari mulai pukul 09:00-22:00 WIB.
Cafe dan Art Gallery buka setiap hari mulai pukul 09:00-22:00 WIB, kecuali hari Jumat dan Sabtu buka sampai tengah malam.

Jadwal bis Surabaya Heritage Track (SHT)

Hari Selasa sampai Kamis ada Short tour dengan tujuan House of Sampoerna - Tugu Pahlawan - House of Sampoerna pada pukul 10:00-11:30 WIB, 13:00-14:30 WIB, dan 15:00-16:30 WIB.

Hari Jumat sampai Minggu ada Long tour dengan tujuan House of Sampoerna - Taman Surya - House of Sampoerna pada pukul 09:00-11:00 WIB, 13:00-14:30 WIB, dan 15:00-17:00 WIB.

Angkutan bis ini gratis ditiadakan setiap hari Senin.

Kontak House of Sampoerna

Alamat: Taman Sampoerna 6, Surabaya 60163, Indonesia

Tel. +62 31 353-9000
Fax. +62 31 353-9009

E-mail: hos.surabaya@sampoerna.com
Website: www.houseofsampoerna.com

Rute perjalanan

Jarak dari Tunjungan Plaza & Hotel Sheraton ke House of Sampoerna sekitar 5,4 km. Ambil arah ke Jl. Embong Malang dari TP (Tunjungan Plaza) atau Hotel Sheraton dan belok ke kanan pada persimpangan pertama ke arah Jl. Blauran - ketemu persimpangan jalan raya besar dengan traffic light, ambil arah lurus ke Jl. Bubutan - ketemu persimpangan jalan raya besar dengan traffic light lagi, tetap ambil arah lurus dan melewati Tugu Pahlawan yang ada disebelah kanan anda - ikuti tanda "House of Sampoerna" belok ke kiri menuju Jl. Indrapura - sekitar 2.500 m lagi dengan mengikuti semua tanda ke "House of Sampoerna", anda akan sampai di tempat.

Jika anda memilih lewat jalan tol dari Bandara Surabaya, atau kota-kota lain di luar Surabaya yang dekat dengan jalan tol, jaraknya ke House of Sampoerna sekitar 6,3 km. Ambil jalan tol Gresik (Tanjung Perak) keluar di Pasar Turi/Gresik - kemudian ke Jl. Raya Dupak - ketemu persimpangan dengan traffic light, tetap ambil arah lurus, masih di Jl. Raya Dupak - sekitar 1.250 m anda akan menyeberangi rel perlintasan kereta api dan persimpangan jalan lainnya - ambil arah lurus ke Jl. Tembaan - pada persimpangan jalan besar, belok kiri ke Jl. Bubutan - ketemu persimpangan jalan raya besar dengan traffic light lagi, tetap ambil arah lurus dan melewati Tugu Pahlawan yang ada disebelah kanan anda - ikuti tanda "House of Sampoerna" belok ke kiri menuju Jl. Indrapura - sekitar 2.500 m lagi dengan mengikuti semua tanda ke "House of Sampoerna", anda akan sampai di tempat (nj@coe).

No comments: