Thursday, January 07, 2016

Gunung Bedes - Sooko, Ponorogo

Oleh: Angelina Kusuma

Ponorogo tak hanya terkenal dengan Reyog. Tapi kota ini juga mempunyai potensi wisata alam yang tak kalah menarik untuk di explore. Salah satu tempat wisata di Ponorogo yang sedang naik daun adalah ini Gunung Bedes.

Konon, gunung ini diberi nama Bedes karena dulu banyak kera (bahasa Jawa = bedes) disini. Namun sekarang sudah tidak ada lagi.

Untuk mencapai Gunung Bedes, perlu sedikit perjuangan. Lokasi gunung ini ada di Desa Ngadirojo, Kec. Sooko, Kab. Ponorogo. Pastikan bahwa kamu membawa motor dengan kondisi prima. Jalanan menuju Gunung Bedes banyak yang rusak, berbatu-batu dan menanjak. Jadi perlu kendaraan dan pengemudi yang mumpuni untuk mencapai gunung ini.

Jangan lupa memakai sepatu/sandal gunung. Ini gunung ya mas/mbak/kakak/adik...bukan mall! Perlu juga alas kaki yang sesuai medan berbatu-batu, bukan alas kaki untuk shopping di mall.

Tidak ada tiket masuk ke area gunung, cukup membayar parkir motor sebesar Rp. 2.000 saja. Tempat Wisata Gunung Bedes sudah dikelola oleh Karang Taruna desa setempat. Ada warung kecil di dekat parkiran motor yang menjual air mineral dan makanan ala kadarnya. Karena kalian harus mendaki, pastikan untuk membawa perbekalan secukupnya. Di sekitar gunung ada satu tempat peristirahatan (gubug) jika kalian lelah menjelajah. Di gubug itu juga disediakan tempat sampah. Jadi tolong, masukkan sampahmu disini...bukan dilempar sembarangan dari atas gunung ya...

Oh ya, Gunung Bedes mempunyai beberapa spot. Diantaranya adalah Batu Colotan, Batu Jago, Gua Dowo & Sendang Anoman, Batu Kodok, Puncak dan Batu Kursi. Kalian bisa memotret peta Gunung Bedes di pintu masuk ke gunung (dekat parkiran motor dan warung) agar perjalanan kalian menjadi maksimal.

Selamat menjelajah Gunung Bedes dan tetap berhati-hati!



No comments: