Thursday, July 13, 2017

Pekerjaan Sampingan untuk Orang-orang Kreatif

Orang umum berpendapat, "Saat krisis, berhematlah. Kurangi belanja, kurangi liburan, kurangi pengeluaran duit..."

Kata saya, "Yang kamu perlu lakukan saat krisis bukanlah mengurangi pengeluaran duit, mengurangi belanja, enggak liburan, etc...tapi cermatlah dalam mengelola keuanganmu setiap hari dan mencari sumber penghasilan baru! Kalo perlu, ubah semua sumber yang membuatmu mengeluarkan duit selama ini menjadi sumber yang bisa menghasilkan duit."

Kenapa harus menurunkan standar hidup dan bukannya menaikkan kualitas diri di saat krisis?

Kalo berhemat sih saya sudah melakukannya sejak dulu (gak perlu diperintah kalo ini mah). Jadi saya tidak perlu berhemat lagi di saat krisis (apanya yang mo di hemat lagi, kan sudah hemat dari dulunya...).

Yang saya perlukan di saat krisis adalah menghasilkan sumber penghasilan baru lagi yang bisa menutup kebutuhan saya akan keuangan.

Caranya?

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang di era modern sekarang ini. Kamu tak perlu meninggalkan pekerjaanmu di kantor dan bisa menjadikan cara ini sebagai side job alias pekerjaan sampingan.

Saya dibayar untuk jalan-jalan. Kamu?

1. Berjualan online

Punya Facebook, Instagram, Blog, Twitter, Path, WhatsApp, Line...? Kenapa nggak kamu manfaatkan Social Media-mu itu untuk berjualan? Zaman sekarang jualan nggak harus di toko keles.

Kamu bisa menawarkan barang jualanmu ke Social Media. Tak perlu bangunan toko, barang yang sudah deal tinggal dikirim ke pembeli lewat jasa pengiriman pos/kurir. Gampang kan?

Tapi ingat untuk menjaga sopan santun dalam beriklan di Social Media agar orang-orang yang di list-mu tidak merasa terganggu kemudian meng-unfriend/unfollow akunmu (kamu yang rugi sendiri kalo gini).

Beriklanlah dengan elegan! Ambil satu foto terbaik dari barang yang ingin kamu jual, kasih keterangan singkat (jangan bertele-tele) dan jelas, kemudian upload ke semua akun Social Media-mu. Sehari satu foto di setiap akun Social Media sudah cukup.

Kamu bisa melakukan pembagian upload foto-foto yang berbeda ke berbagai Social Media untuk menunjang penyebaran iklanmu setiap harinya. Misal: 1 foto untuk Facebook, 1 foto untuk Instagram, 1 foto untuk Blog, 1 foto untuk Twitter, 1 foto untuk Path, 1 foto untuk timeline Line, etc. Jangan upload semua foto di satu akun Social Media bersamaan. Bisa numpuk jadinya dan terkesan tidak elegan...

Jika Social Media masih kurang, kamu bisa juga berjualan melalui situs-situs e-commerce (website jual beli) lainnya seperti BukaLapak, OLX, Tokopedia, etc. Caranya mudah juga kok, tinggal daftar ke situs-situs e-commerce tersebut, upload foto-foto menarik, kalo ada barang yang deal...tinggal kirim barangnya ke pembeli deh.

2. Adsense

Udah tahu apa itu Adsense?

Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Adsense bisa dipasang di Blog, Website dan YouTube. Yang kamu perlukan hanyalah mendaftar di Gmail kemudian mengaktifkan akun Adsense-mu.

Buatlah konten-konten yang menarik di Blog, Website atau channel YouTube-mu agar para pengiklan tertarik untuk memasang iklan-iklannya ditempatmu. Pamor Blogger dan Youtuber saat ini sedang booming. Sudah banyak orang yang bisa menghasilkan banyak uang dari Adsense ini. Kalo kamu kenal siapa itu Raditya Dika, Ria Ricis, Edho Zell...mereka adalah contoh-contoh orang yang berpenghasilan lewat program Adsense dengan media YouTube.

Hari gini, cari kerja itu sebenarnya gampang, asal kamu kreatif! Orang-orang kreatif mendapatkan uang dengan cara-cara kreatif pula. Jalan-jalan dibayar, foto-foto narsis dapat uang, saat tidur uangnya bekerja untuknya...ngoceh pun bisa mempertebal dompetnya...

So, jadilah orang yang kreatif!

3. Driver online

Jika kamu hidup di kota-kota besar dan punya kendaraan, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraanmu untuk menghasilkan uang tambahan dengan menjadi driver online. Saya senang sekali memanfaatkan jasa aplikasi angkutan online saat saya sedang traveling ke kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Malang...Selain cepat dan mudah, angkutan online ini tak perlu membuat saya menunggu jadwal karena mereka akan menjemput saya di tempat saya berdiri dan memegang handphone.

Kamu bisa bergabung menjadi driver Gojek, Grab, Uber, etc dan menghasilkan uang tambahan sembari kamu nyetir dari kantor ke rumahmu ato sebaliknya. Gampang juga kan?

Ah ya, saya pernah mewawancarai beberapa sopir online yang saya pakai jasanya untuk traveling dan ada juga beberapa di antara mereka yang ngaku kalo mereka pada akhirnya lebih memilih keluar dari kantornya dan menjadi fulltimer driver online karena pekerjaan itu lebih memberikan penghasilan besar daripada penghasilan mereka di kantor dan membuat mereka lebih punya banyak waktu di rumah bersama keluarga. Wow!

4. Sewakan ruang kosong di rumahmu

Nah, buat kamu-kamu yang punya ruang kosong di rumah, kamu juga bisa menghasilkan uang lebih darinya. Caranya? Dengan menyewakan ruang kosong di rumahmu itu sebagai tempat menginap sementara bagi backpacker/traveler.

Coba gabung saja di AirBnB dan tawarkan ruang kosong di rumahmu disana. Ato kamu juga bisa membuat sendiri rumahmu sebagai homestay/kos-kosan untuk orang-orang yang membutuhkan. Jika lokasi rumahmu didekat tempat-tempat wisata, bisa semakin untung besar tuh.


Okay guys, selamat berkreasi dan semangat menghasilkan uang! Jangan takut dengan krisis! Jadikan krisis sebagai kesempatan untuk berpikir kreatif dan menemukan sumber penghasilan baru yang menghasilkan lebih banyak uang dan memberikan waktu lebih banyak untuk keluarga.

No comments: