Monday, November 26, 2018

CEMARA KANDANG 1800 MDPL

Para pendaki Gunung Lawu, sudah pasti kenal tempat ini. Yup, Cemara Kandang atau Cemoro Kandang (bahasa Jawa) ada persis di depan Cemoro Sewu yang menjadi salah satu pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Lawu.

Ada di ketinggian 1800 mdpl, Cemoro Kandang merupakan tempat yang sejuk (cenderung dingin saat musim kemarau tiba), yang cukup OK buat bersantai sambil menikmati pemandangan gunung yang indah dan menikmati makanan atau minuman. 

Tempat ini berada di perbatasan antara Magetan, Jawa Timur dan Tawangmangu, Jawa Tengah. Makanya, ada dua lokasi Cemoro Kandang yang bisa kamu kunjungi: Cemoro Kandang sebelum gerbang perbatasan Jawa Timur & Jawa Tengah atau sesudahnya.

Video ini saya ambil di Cemoro Kandang setelah gerbang perbatasan Jawa Timur & Jawa Tengah. Disini relatif lebih tenang dibandingkan lokasi Cemoro Kandang yang berhadapan langsung dengan Cemoro Sewu (sebelum gerbang perbatasan).




Untuk para pendaki Gunung Lawu, Cemoro Kandang bisa menjadi tempat untuk mencari logistik yang diperlukan sebelum summit.

Harga makanan dan minuman yang dijual di warung-warung Cemoro Kandang cukup bervariasi. Seporsi Nasi Sate Kelinci dijual sekitar Rp. 25.000, Jagung Bakar sekitar Rp. 10.000 dan Teh Manis sekitar Rp. 5.000.

Happy traveling!

No comments: