Friday, June 19, 2020

2 Jam di Kota Solo Bisa Kemana Aja?

Hello travellers... Kita sudah masuk era new normal nih. Siap jalan-jalan lagi? Tetap patuhi setiap protokol kesehatan agar jalan-jalannya seru ya...

Kali saya mau share tentang pengalaman saya solo cycling di Kota Solo. Saya memilih bersepeda sendirian mengingat saat ini kita masih harus waspada terhadap pandemi Covid19. Jadi saya tetap menerapkan social distancing dalam acara jalan-jalan saya sekaligus olahraga dan go green dong.




1. Benteng Vastenburg
Tempat pertama yg saya singgahi adalah benteng ini. Benteng Vastenburg dibangun tahun 1745 dan masih kokoh berdiri hingga sekarang.

2. Keraton Kasunanan
Belum ke Solo katanya kalo belum mengunjungi ikon yg satu ini, yup Keraton Kasunanan yg bangunannya didominasi oleh warna cat putih dan biru mudanya.

3. Baluwarti
Wah ini dia nih, kampung wisata didalam area  keraton yg juga menarik untuk dieksplore. Saya menemukan sebuah rumah joglo besar yg cantik dan dicat serba putih disana.

4. Jl. Gatot Subroto
Disepanjang jalan Gatot Subroto, banyak terdapat mural-mural cantik karya seniman Solo. Mural-mural ini menghiasi tembok-tembok kosong sampai pintu-pintu toko. Wow, seru deh foto-foto disini. Ada muralnya Bapak Jokowi yg ikonik juga disini. Kalo belum kesampaian foto sama Pak Presiden, ya foto aja sama muralnya dulu haha.

5. Pasar Triwindu
Pasar ini terkenal sebagai pusat barang-barang antik dengan harga miring. Nah, buat kamu yg ingin belanja oleh-oleh khas Solo yg klasik, datengi aja Pasar Triwindu ini. Seru juga lho foto-foto disini. Background-nya jadul, retro berkelas.

6. Rutan Solo
Heh yg bener? Iya bener, yg saya maksud disini Rutan... Rumah Tahanan Kelas 1 di Surakarta! Tapi jangan dibayangin bentuk rutan yg serem ya. Rutan Solo ini cantik. Bagian depannya sudah disulap oleh para seniman Solo hingga menjadi tempat kekinian buat nongkrong dan foto-foto selfie. Saat saya kesini, banyak anak-anak muda yg lagi photo session juga.

7. Pasar Gede
Pasar Gede menjadi destinasi akhir saya kali ini. Disini banyak kuliner khas Solo dengan harga terjangkau.

Saya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengunjungi tempat-tempat wisata diatas dengan sepeda. Saya membawa air minum sendiri dan menjaga jarak dengan orang lain selama wisata singkat di Kota Solo.

Nah, tertarik untuk bergowes ria di Kota Solo weekend depan? Happy traveling and stay healthy.

No comments: