Tuesday, June 30, 2020

Rp. 50.000 Bisa Makan Apa Saja di Pasar Gede Solo?

Hari ini saya melangkahkan kaki dengan mantap ke Pasar Gede untuk berburu berbagai kuliner khas Kota Solo.

Dengan bermodal Rp. 50.000 saja, saya bisa memanjakan lidah dan perut saya dengan aneka panganan yg enak-enak ini...


1. Lenjongan Yu Sum
Kuliner tradisional ini wajib kamu cicipi saat di Solo. Isinya berupa campuran antara gethuk, ketan hitam, cenil dan teman-temannya yg disiram parutan kelapa dan kuah gula merah. Wuah, pokoknya nikmat! Harganya cuma Rp. 5.000 saja.

2. Dawet Telasih Bu Dermi
This is the most famous Dawet di Pasar Gede. Saya pikir rasa Dawetnya sama kayak Dawet Jawa Timuran. Tapi ternyata beda. Sumpah, yg ini lebih enak #ops! Isi Dawet Telasih ada cendol, jenang sumsum, ketan hitam, dipadu dng santan kelapa, kuah gula merah dan selasih. Harganya memang agak mahal untuk ukuran Dawet, tapi sepadanlah dengan rasanya. Saya menghabiskan Rp. 10.000 untuk semangkuk Dawet Telasih.

3. Cabuk Rambak
Mendengar namanya saja sudah membuat rasa keinginan-tahu saya menggelora haha. Akhirnya saya memutari pasar demi mencari penjual Cabuk Rambak dan beruntung...ketemu! Cabuk Rambak ternyata isinya ketupat yg disiram saus wijen dan ditambah kerupuk rambak. Rasanya unik dilidah saya. Ada nuansa sedikit manis dari saus wijennya. Harganya juga murahhhh, Rp. 5.000 saja sudah kenyang.

4. Babi Kuah Toko Podjok
My last adventure for today is...Babi Kuah! Ahai, rasanya luar biasa mantull. Yg jual cuma pakai rombong kecil didepan Toko Podjok. Jam bukanya mulai pukul 09.30 sampai habis. Tapi usahakan datang kesini sebelum jam 13.00 ya, karena kabarnya jam segitu sudah habis. Harga seporsi Babi Kuah Campur Rp. 15.000. Ada didehnya juga (darah), tapi saya ga doyan haha. Kalo mau order bagian tertentu saja juga bisa. Saya perhatikan ada pembeli yg order 10 ribuan bagian buntut aja, ada pula yg order samcan aja, etc. Pokoknya penggemar babi akan terpuaskan disini hihihi *maaf buat teman-teman yg tidak bisa makan makanan yg satu ini...

Jangan lupa untuk selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak saat travelling di masa New Normal ini ya gaes. As note, di beberapa sudut Pasar Gede Solo ini sudah tersedia tempat cuci tangan yg bisa digerakkan dng kaki. Jadi kamu bisa sering-sering cuci tangan disini tanpa takut menyentuh kran airnya. Disediakan sabun juga kok... Enjoy Solo!


No comments: