Thursday, November 26, 2009

S-W-O-T



Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Strengths/kekuatan, diantaranya ditentukan oleh:
- Unique product/keunikan produk
- Location of your business/lokasi dari bisnis anda
- Worker's unique skill set/keunikan dari ketrampilan pekerja
- Quality of your product/kualitas dari produk anda

Weaknesses/kelemahan, diantaranya ditentukan oleh:
- Location of your business/lokasi dari bisnis anda
- Lack of quality and customer service/kurangnya kualitas dan pelayanan pelanggan
- Poor marketing and sales/miskin pemasaran dan penjualan
- Undifferentiated products or service/kesamaan produk atau pelayanan dengan bisnis di tempat lain

Opportunities/kesempatan, diantaranya ditentukan oleh:
- A new emerging or developing market (niche product, place - new country, less competition)/bisnis baru atau pengembangan pasar (celah produk, tempat - negara baru, berkurangnya persaingan)
- Merger, join venture, or strategic alliance/penggabungan, usaha bersama/patungan/kongsi, atau aliansi strategis

Threats/ancaman, diantaranya ditentukan oleh:
- New competition in the market, possibly with new products or services/kompetisi baru di pasar, mungkin dengan produk atau layanan baru
- Price wars/perang harga
- Competitor oligopoly or monopoly/pesaing oligopoli atau monopoli
- Taxation/pajak

Contoh analisis SWOT untuk Warnet AngelNet di Somoroto, Ponorogo yang baru dibuka tanggal 1 Agustus 2009



Strengths/kekuatan:
- Produk: jasa internet, pengetikan, pulsa HP
- Lokasi: tempat luas, parkiran aman
- Pekerja: ditangani oleh pemilik sendiri

Weaknesses/kelemahan:
- Lokasi: 10 meter masuk ke gang
- Kualitas pelayanan pelanggan: masih kurang, hanya ada 1 pekerja tetap yang menangani pelayanan rata-rata 14 jam sehari
- Pemasaran: promosi dan bangunan baru beroperasi selama 4 bulan
- Kesamaan produk dengan bisnis di tempat lain: ada warnet dan kios pulsa lain yang menjual produk sama di sekitar lokasi

Opportunities/kesempatan:
- Pengembangan pasar: masih ada ruangan kosong cukup luas untuk pengembangan usaha
- Kemungkinan merger/patungan usaha bersama: ada beberapa relasi untuk patungan

Threats/ancaman:
- Kompetitor: ada 4 kompetitor warnet dan beberapa kompetitor kios pulsa di sekitar lokasi
- Perang harga: rata-rata warnet dan kios pulsa lain berani memberikan harga lebih rendah

Dengan analisis SWOT, kita tahu cara mengendalikan kekuatan dan kesempatan yang kita miliki untuk mengurangi kelemahan dan ancaman di bisnis yang kita miliki (nj@coe).




No comments: