Thursday, January 31, 2019

Dulu Kumuh, Sekarang Jadi Tempat Rekreasi Kekinian di Pusat Kota Malang; Kampung Biru Arema!

Malang tak ada habisnya! Selalu ada tempat wisata baru yang perlu di explore disana. Yuk, ikuti saya berkeliling Kampung Biru Arema. Kampung ini dulunya kumuh, tapi sekarang cantik luar biasa...

Awalnya saya agak apatis saat melihat Kampung Biru Arema ini dari atas. Letaknya ada persis di seberang jalan dengan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi yang sudah lebih dulu terkenal. Kedua kawasan ini hanya dipisahkan oleh jembatan.

Tampilan Kampung Biru Arema tidak sesemarak Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Kalo Kampung Jodipan dan Kampung Tridi dilihat dari atas sudah terlihat warna-warninya, Kampung Biru ini terlihat birunya hahaha *Ya iyalah... Maksud saya, tampilan dari atas Kampung Biru Arema tidak sewarna-warni Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Terkesan agak monoton gitu, soalnya hanya didominasi oleh warna biru tua dan biru muda.




Tapi begitu saya masuk ke kawasan perkampungannya, baru saya ngeh...ternyata didalam Kampung Biru Arema punya banyak warna juga! Banyak coretan-coretan cantik di dinding-dinding rumah disana yang memberi kesan eksentrik. Tak kalah dengan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Sama sekali tak terlihat bahwa kampung ini bekas kampung kumuh *Ops!

Beneran lho...beberapa tahun lalu, kawasan kampung ini kumuh. Jauh dari terkesan bersih. Tapi sekarang, saya bisa buktikan sendiri bahwa kampung ini bersih dan cantik. Tiket masuk ke Kampung Biru Arema tergolong sangat murah. Hanya Rp. 3.000 dan kamu akan mendapatkan sebuah gantungan kunci dari kain flanel.

Keadaan di Kampung Biru Arema lebih sepi dibandingkan Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Ya, bisa dimaklumi karena kedua kampung itu sudah nge-hits duluan dibandingkan Kampung Biru Arema ini. Tapi ini justru saya sukai. Karena saya tak perlu lama mengantri kalo mau foto selfie hahaha. Banyak lho spot-spot selfie yang cantik di Kampung Biru Arema. Pokoknya kalo kamu doyan selfie dan fotografi, dijamin puas cekrak-cekrek disini.

Oh ya lupa, disini kamu juga bisa belajar sejarah Arema. Apa itu Arema? Arema itu nama klub sepak bola kebanggaan Arek-arek Malang. Hampir semua lukisan tembok di rumah-rumah mereka berbau Arema ato gambar singa yang menjadi lambang utama logo Arema.

Nah, menarik bukan? Ayok explore Kampung Biru Arema!

No comments: