Monday, January 07, 2019

Ekstrim! Ekspedisi Gunung Cumbri Lewat JALUR DEPAN...Khusus Pelaku Spiritual & Pecinta Alam

Puncak, bukan semata tujuan pendaki. Tapi menaklukkan tantangan di sepanjang jalan ke puncak, itu lebih utama bagi mereka yang sudah akrab dengan alam liar.

Ini Gunung Cumbri. Aku pernah sampai ke puncaknya beberapa tahun lalu. Nah, hari ini sampai pulalah aku di puncaknya tapi lewat rute yang lain *gara-gara yang nyetir salah baca petunjuk arah hahaha!

Banyak jalan menuju Roma. Banyak rute pula menuju Cumbri. Hari ini aku muncak ke Cumbri via 'Jalur Depan'. Rute ini resmi dibuka untuk umum tahun 2016. Rutenya lebih menantang daripada rute yang pernah kucoba pertama kali.

Awalnya kami berencana mengejar sunrise. Berangkat dari rumah sekitar jam 4 pagi. Di perjalanan mendadak gerimis. Ah, sudahlah...jadinya kami jalan santai menuju puncak karena sudah pasti tak akan bisa lihat sunrise kalo gerimis.

Ketika sampai di Basecamp 'Jalur Depan', aku agak 'gimana' gitu waktu baca tulisan bahwa rute ini adalah rute 'Spiritual'. Ah, apa pula ini? Mendadak agak parno begitu baca tulisan 'Spiritual'. Bisa dibayangin deh ya, jalannya pasti gak akan mudah karena ini rute untuk 'kepentingan khusus' hahaha.

Benar saja, dari Basecamp - Pos 3, dalam keadaan gelap, jalanan sudah terasa nanjak terus. Aku sempat terkecoh dengan suara radio dari sebuah rumah penduduk yang kukira suara orang bercakap-cakap *hus, jangan mikir yang horror!

Dari Pos 3 ke Pos 4, jalanan gak cuma nanjak tapi juga berangin kencang dan hujan turun. Huaaa, untung deh aku bawa jaket hiking yang semi waterproof. Jadi bisa menangkal sedikit dingin yang menyeruak. Sempet berhenti lama di bawah tulisan 'Cumbri NKRI' gara-gara angin dan hujannya menggila.




Jalanan menjelang puncak keren! Sedikit ekstrim karena melewati batu-batu padas yang luar biasa gede plus curam. Haha kudu ekstra hati-hati disini.

Dan, sampailah kami di puncak! Untungnya pas di puncak hujan dan angin reda. Jadi kami bisa ambil foto dan video sebanyak-banyaknya meski cuaca tetap mendung.

Ah, Cumbri...I like you! Buat kamu para pecinta alam dan pelaku spiritual (eh), silahkan coba rute 'Jalur Depan' ini. Dijamin puas karena tantangannya lebih banyak!

No comments: