Saturday, January 12, 2019

I Love B3

Kemarin sore angin puting beliung menyapa area Menang & Ringin Putih, tempat perumahanku berada.

Angin disertai hujan deras sekitar 1 jam, cukup membuatku kelabakan. Air masuk ke rumah lewat plafon dekat kulkas juga dari tangga yg memang dak atasnya kubiarkan semi terbuka.

Selesai mengatur bak2 untuk menampung air bocoran dari atap, aku duduk di balai bambu sambil ngliat keadaan di luar. Wih, kulihat canopy teras punya tetangga sebelah megap2 ketiup angin. Aku lihatin canopy terasku, aman! Hal yg sama terjadi di canopy rumah depanku...megap2 juga ketiup angin...

Selesai hujan angin, seluruh pemilik rumah di perumahan keluar satu per satu sambil bawa kain, keset dan juga alat pel. Yeah, ini hujan angin terbesar yg melanda perumahan kami selama kami tinggal disini.

Trus tak berapa lama, tersiar kabar kalo di Blok C mengalami kerusakan yg cukup parah karena angin puting beliung. 2 rumah kehilangan canopy terasnya. Yg satu, atap sengnya malah terlempar sampai depan mushola (sekitar 3 m jaraknya). Busyettt...luar biasa rupanya dampak amukan si angin sore kemarin.

Huhu aku jadi inget sesuatu....

Dulu waktu mau beli rumah ini, aku yg pilih sendiri nomor B3. 3 itu sesuai angka Tritunggal kan? Hahaha. Lagian kalo B3 dilafalkan akan jadi 'Betiga...Bertiga' = aku, mamiku dan papiku :D

Tapi waktu rumah udah jadi, nyesel juga kenapa kok pilih B3 bukan B1 ato A1 yg saat itu belum kejual. You know, rumah dipojokan itu dapat kelebihan tanah. Dan mereka yg dapat rumah paling depan itu cuma bayar kelebihan tanah 11 jt (luas tanah kelebihan sekitar 2 x 6 m). Ah, bisa nambah buat carport itu...sayang aku gak mikir sampai sini waktu itu.

Anyway, setelah ada kejadian angin puting beliung ini, aku jadi bersyukur lagi pilih rumah B3. Posisinya tepat di titik aman rupanya. Tidak terlalu ke depan juga tak terlalu ke belakang. Rumahku diapit 2 rumah dari depan dan 4 rumah dari sisi lainnya. Aman ini...

Bersyukur pula dulu punya hikmat buat renovasi rumah dng tukang langganan, gak tergoda pake tukang perumahan, meski aku harus nunggu agak lama karena tukang langganan ada proyek lain.

Tukang langgananku tahu kualitas bangunan rumah induknya. Dia tahu kalo rumah bersubsidi ya kualitasnya low. Jadi untuk bagian depan dan belakang yg di renov, kita sengaja pake bahan yg kualitas tinggi. Galvalum juga gitu. Si tukangnya langsung nyaranin pake diameter 10 cm, padahal rumah yg lain pake 5 cm. Emang cost nya beda, tapi bersyukur karena aku ambil yg 10 cm. Kokoh banget hasilnya. Kemarin aku lihat sendiri dampaknya. Saat yg lain bergetar kena angin, punyaku keep setrongggg bro...

Satu lagi...rumahku gak langsung bersinggungan dengan got dan sungai di depan perumahan. Aman. Kemarin kulihat air di sungai depan perumahan sudah hampir meluap ke jalan. Wah, yg di depan sendiri udah ketir2 kalo sungainya meluap tuh...

Hoff, thanks Daddy Je...you have saved me many times from the wrong choices. Haha penyakit manusia, kita selalu baru tahu alasan sebenarnya setelah ada kejadian yg kurang baik. I love B3! *Haha ra sido protes kenopo entuk e omah iki. Semua yg kuterima itu tepat dan pas. Gak kurang, gak lebih.

No comments: