Saturday, October 24, 2009

Indoor Plants Mempercantik dan Menyejukkan Ruangan

Oleh : Angelina Kusuma

Kehijauan di dalam ruangan, tak hanya akan mempercantik tampilan tapi juga bisa menyegarkan suasana. Selain berfungsi untuk memperbaiki kualitas udara di sekitarnya, tanaman dipercaya bisa dipadu-padankan dengan segala jenis bahan/material bangunan sehingga sanggup mencairkan tembok-tembok dan sudut-sudut yang kaku.

Tidak semua tanaman hias cocok jika dibawa ke dalam ruangan. Umumnya, tanaman hias yang layak hidup di tempat teduh adalah jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung untuk hidup dan yang tidak terlalu tinggi atau besar ukurannya sehingga memakan banyak tempat.

Penanganan tanaman di dalam ruangan berbeda dengan tanaman yang ada di luar ruangan. Selain memperhatikan jenis tanaman; media tanam, jangka penyiraman, dan pemupukanpun harus diperhatikan agar tanaman terawat baik.

Untuk media tanam, umumnya dipilih media yang bisa mengikat air dengan baik namun tidak menyebabkan penumpukan air di bawah pot yang bisa menyebabkan kebusukan di akar tanaman. Media tanam terbaik untuk tanaman hias di dalam ruangan antara lain moss, pakis, sabut kepala, dan arang. Jika kebutuhan akan tanah tidak bisa digantikan oleh media-media seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian bawah pot bisa ditambahkan kerikil dan pasir untuk membantu mencegah penumpukan air penyiraman di bawah pot.

Untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan sinar matahari, minimal seminggu sekali, bawa tanam-tanaman tersebut ke bawah sinar matahari langsung selama 2-3 jam dan diberi asupan pupuk secara teratur sesuai dengan jenis tanamannya. Contoh-contoh tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan dengan baik dan bisa mempercantik sudut-sudut ruangan antara lain:

1. Adenium



2. Aglaonema





3. Anthurium







4. Euphorbia





5. Philodendron





6. Orchid





7. Cycads





8. Cactaceae





9. Palm





Let's go green inside and outside!! (nj@coe)


No comments: