Wednesday, December 18, 2019

Cara Tarik Tunai ATM Mandiri di Taiwan (VISA)

Sebelum saya ke Taiwan, kegalauan terbesar saya disebabkan oleh bagaimana cara mengambil uang lewat ATM disana. Dana tunai yang saya butuhkan hanya sekitar NT$ 4000 (keperluan 'relatif besar' lainnya seperti penginapan, beberapa kali makan, tiket THSR, dll sudah saya bayar dari Indonesia).

Nah, saya pernah punya pengalaman waktu nge-trip di Hokkaido, Jepang. Saat saya kehabisan uang tunai dan hanya perlu 1000 yen, tak ada pecahan kecil di ATM Jepang. Minimal dana yang bisa diambil adalah 10.000 yen. Wuah, akhirnya saya sibuk menghabiskan sisa dana 'mubazir'-nya sebelum pulang.

Berdasarkan pengalaman saya di Jepang itulah, saya lebih berhati-hati saat hendak berangkat ke Taiwan kali ini...

Setibanya di Taoyuan International Airport, saya mencari mesin ATM berlogo Visa yang sesuai dengan Kartu ATM saya. Uang pecahan yang bisa diambil dari mesin ini mulai dari NT$ 1000 dan maksimal NT$ 20,000. Mesin ATM menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin. Awalnya saya mengisikan NT$ 4500 ke jumlah yang ingin saya ambil dan ditolak mesin haha. Yah, akhirnya saya hanya mengambil NT$ 4000 saja dari mesin ATM di Taiwan dan bersyukur jumlah itu ternyata cukup untuk semua keperluan saya selama 9 hari disana.

Proses step by step cara tarik tunai ATM berlogo Visa di Taiwan bisa dilihat di video di bawah ini:



No comments: