Wednesday, April 23, 2008

Program Afiliasi Iklan Online Mirip Adsense Google untuk Blog Indonesia

Oleh : Angelina Kusuma

Bagi yang mempunyai blog Indonesia dan kecewa karena Google AdSense ternyata belum sepenuhnya mendukung penayangan iklan di blog-blog Indonesia, jangan khawatir. Sudah ada tiga program afiliasi iklan online asli dari Indonesia yang layak untuk kita dicoba.

KlikSaya.com



KlikSaya.Com adalah pasar periklanan online khusus untuk wilayah Indonesia. Fungsinya adalah mempertemukan orang yang membutuhkan iklan (pemasang iklan) dengan orang yang menyediakan tempat untuk pemasangan iklan pada situsnya (penerbit iklan).

Pemasang iklan dapat memilih zona iklan pada situs-situs penerbit yang telah bekerja sama dengan KlikSaya.com, dan kemudian memasang iklan berbasis teks. Iklan ini hanya dibayar apabila iklan diklik oleh pengunjung. Harga pemasangan setiap iklan ditentukan oleh pemasang iklan sendiri dengan harga minimal sekali klik iklan adalah Rp. 300,-. Semakin mahal harga yang berani dibayar oleh pemasang iklan, maka semakin sering iklan tersebut ditampilkan. Sistem pembayarannya prabayar, deposit termurah sebesar Rp. 50.000,-, dan akan dipotong untuk setiap klik valid yang terjadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KlikSaya.com.

Bagi pemilik atau pengelola suatu situs yang ingin mendapatkan penghasilan dari situsnya, dapat pula bekerja sama dengan KlikSaya.com sebagai penerbit iklan. Kita cukup menyediakan tempat pada halaman situs untuk dipasangi iklan dengan menggunakan engine dari KlikSaya.com. Dalam satu situs boleh terdapat lebih dari satu zona iklan dengan bentuk dan warna dari zona iklan yang bisa disesuaikan dengan design situs asli kita.

Harga per klik yang akan didapatkan oleh penerbit iklan ditentukan oleh permintaan pasar. Semakin bagus nilai situs kita di mata pasar, maka akan semakin tinggi harga per kliknya. Komisi yang didapat dari hasil klik iklan situs kita sebesar 50% dari harga per klik yang ditawarkan oleh pemasang iklan. Komisi ini akan ditransfer ke rekening Bank yang telah kita daftarkan pada KlikSaya.com pada hari minggu pertama bulan berikutnya. Komisi hanya akan ditransfer bila nilainya lebih besar dari Rp. 50.000,- dan jika ternyata nilainya lebih kecil, maka akan diakumulasikan untuk pembayaran komisi bulan berikutnya hingga jumlahnya melebihi Rp. 50.000,-.


PPC Indonesia



PPC Indonesia juga merupakan situs berbasis afiliasi periklanan online yang menawarkan kerjasama baik bagi para pengiklan (advertiser) maupun pemasang iklan (publisher). Agak berbeda dengan KlikSaya.com, aturan dalam PPC Indonesia jauh lebih menguntungkan bagi para pengiklannya karena harga per klik dipatok Rp. 100,- untuk semua jenis iklan yang ditawarkan.

Deposit minimun untuk para pengiklan juga hanya sebesar Rp. 10.000,- dengan fasilitas dapat melakukan pause atau resume setiap saat untuk menggontrol iklan-iklan mereka dan akan terpasang disetiap jaringan publisher PPC Indonesia.

Untuk para pemasang iklan, kita akan dibayar Rp. 100,- untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung dalam situs kita. Bentuk iklan berupa teks dan link yang bisa kita pilih sendiri dengan format yang sesuai website atau blog milik kita. Satu account dalam PPC Indonesia juga dapat digunakan untuk jangkauan tak terbatas (unlimited) jumlah website atau blog yang diikutkan.


KumpulBlogger.com



Sesuai dengan nama situsnya, KumpulBlogger.com benar-benar ditujukan untuk para blogger yang ada di Indonesia. Biaya pemasangan iklan ditentukan dengan ketentuan Unik Klik. Minimun 80 Unik Klik dihargai Rp. 500,- per klik dengan deposit minimun sebesar Rp. 40.000,-.

Untuk para penerbit iklan dalam blogger akan mendapat Rp.300,- tiap satu kali Unik Klik Text Links dan Rp.625,- tiap satu kali Unik Klik Mini Banner. Komisi yang tak kalah menarik dari KumpulBlogger.com adalah option refferal-nya. Setiap teman yang bergabung ke KumpulBlogger.com atas rekomendasi kita, maka setiap satu kali klik dari pengunjung blog mereka, kita akan mendapatkan Rp. 25,-. Refferal ini hanya berlaku untuk level satu saja.

Dibalik kelebihan-kelebihan KumpulBlogger.com, format dan juga tampilan iklan-iklannya mungkin agak mengganggu penglihatan visual kita dibandingkan kedua program afiliasi periklanan sebelumnya.


Nah, tertarik untuk ikut bergabung dalam program afiliasi periklanan online untuk tambahan penghasilan ? Silahkan saja berkunjung ke masing-masing websitenya.

No comments: