Monday, December 01, 2008

Yes, I'm Loved

Oleh : Angelina Kusuma

Mencintai seseorang, mungkin mudah dilakukan oleh banyak orang. Untuk bisa mencintai orang lain, kadang kita tidak memerlukan teori atau alasan yang tepat lebih dulu. Tetapi menjadi seseorang yang mudah dicintai oleh orang lain, tidak semua orang bisa mendapatkan posisi yang istimewa ini. Perhatian merupakan salah satu bentuk apresiasi dari seseorang kepada orang yang dicintainya.

Lewat dua hari dari ulang tahun saya, saya masih terus menerima ucapan selamat dari sahabat-sahabat saya baik ucapan secara langsung, testimonial di beberapa account social networking, sms, dan juga message di chat online. Tak hanya ucapan, banyak di antara mereka yang menghantarkan doa-doa khusus bagi kehidupan saya di masa depan yang membuat saya terharu. Dengan datangnya hari yang hanya sekali dalam setahun diperingati sebagai kelahiran saya ini telah membuka mata saya bahwa saya telah dicintai oleh banyak orang selama ini. Beberapa orang sahabat lama saya yang sudah terpisah ratusan kilometer dari tempat saya berada saat inipun, ada yang rela mengirimkan kado istimewanya ke alamat rumah saya dengan sukarela.

Hari ulang tahun sebenarnya bukanlah hal besar bagi saya dan bagi kebanyakan orang hari tersebut pastinya juga tidak akan ada bedanya dengan hari-hari lain kecuali dengan bertambahnya usia seseorang setelah melewatinya. Tetapi kesediaan sahabat-sahabat saya mengingat hal terkecil dari hidup saya ini, telah membuat saya merasa berharga lebih dari yang saya bayangkan. Ketika mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari sahabat-sahabat itu (bahkan yang kurang saya kenal dengan baik), saya mulai bertanya-tanya di dalam hati, "Apakah aku sudah memberikan perhatian yang cukup kepada mereka seperti yang mereka lakukan kepadaku itu?"

Saya sangat menghargai persahabatan. Bagi saya, seorang sahabat juga merupakan saudara saya. Perhatian sekecil apapun dari orang lain adalah feedback dari apa yang sudah saya tabur sebelumnya. Beberapa orang yang memberi ucapan selamat ulang tahun dan mengirimkan doa-doa khususnya kepada saya kali ini bukanlah sahabat-sahabat terdekat saya. Di antara mereka banyak yang saya kenal hanya melalui mailist atau forum dan chat online. Meskipun begitu, ucapan dan doa-doa yang mereka kirimkan untuk saya tetap menjadi kado-kado istimewa di usia saya sekarang.

"If you want to win friends, make it a point to remember them. If you remember my name, you pay me a subtle compliment; you indicate that I have made an impression on you. Remember my name and you add to my feeling of importance" - Dale Carnegie

Mencintai tak harus selamanya diartikan kepada pasangan hidup, tetapi juga bisa ditujukan kepada keluarga dan sahabat-sahabat kita. Seberapa mudah kita dicintai oleh orang lain tergantung dari seberapa besar kita mau memberikan diri lebih dulu untuk mencintai orang-orang di sekeliling kita. Cinta tak hanya sekedar kata-kata. Perlu ada tindakan nyata yang membuatnya bisa bertumbuh dan menghasilkan buah.

Persahabatan juga memerlukan cinta dan tindakan. Perhatian sederhana dari sahabat-sahabat kita, seperti ucapan selamat ulang tahun, pertanyaan "Apa kabar?", mengingat nama kita, dan lain-lain, menandakan bahwa kita masih dicintai oleh mereka dan diharapkan kehadirannya di dekat mereka. Hargai sahabat anda hari ini, dan lihat betapa anda akan lebih berharga dari hari ke hari (nj@coe).



No comments: