Sunday, February 21, 2010

Doa tidak akan mengubah TUHAN!



(Angelina Kusuma)

Doa tidak akan mengubah TUHAN!

Doa akan mengubah hatimu dan hati orang yang kamu doakan menjadi teguh hingga mampu menjalani kenyataan

Berhenti dari cara berdoa dengan merengek-rengek kepada Tuhan untuk memenuhi keinginanmu

Tapi berdoalah agar kamu tahu rencana Tuhan dalam hidupmu dan kamu mampu menerima anugerah-Nya itu


2 Samuel 12:15-23

  • 12:15 Lalu Nabi Natan pulang ke rumahnya. Dan TUHAN menimpakan tulah ke atas anak Daud dari Batsyeba itu sehingga anak itu menjadi sakit keras.
  • 12:16 Daud memohon agar TUHAN membiarkan anak itu hidup. Ia berpuasa dengan tekun dan bila malam tiba ia berbaring sepanjang malam di tanah, di hadapan TUHAN.
  • 12:17 Para pemimpin bangsa Israel minta agar ia mau bangkit dan makan bersama-sama mereka, tetapi ia menolak.
  • 12:18 Pada hari ketujuh, anak itu meninggal. Para pegawai Daud takut untuk memberitahukan kematian anak itu kepadanya. Mereka berkata seorang kepada yang lain, "Ia sangat sedih ketika anak itu jatuh sakit, sehingga ia tidak mempedulikan kita. Apa lagi sekarang setelah anak itu meninggal, mungkin ia akan berbuat sesuatu yang akan mencelakakan dirinya."
  • 12:19 Tetapi, ketika Daud melihat mereka berbisik-bisik, ia mengerti apa yang telah terjadi. "Apakah anak itu sudah meninggal?" tanyanya. Mereka menjawab, "Benar, ia sudah meninggal."
  • 12:20 Maka Daud bangkit, lalu ia mandi, menyisir rambutnya, mengganti pakaiannya, dan pergi ke Kemah Suci untuk sujud menyembah TUHAN. Kemudian ia kembali ke istana dan makan.
  • 12:21 Para pegawainya heran melihat kelakuannya itu. "Kami tidak mengerti kelakuan Baginda," kata mereka kepadanya. "Pada waktu anak itu masih hidup, Baginda menangisi dia dan berpuasa. Tetapi sekarang setelah anak itu meninggal, Baginda tidak menangisinya, bahkan mau bangun dan makan."
  • 12:22 Daud menjawab, "Aku menangis dan berpuasa ketika anak itu masih hidup, karena aku pikir, 'Mudah-mudahan TUHAN akan menaruh belas kasihan kepadaku dan membiarkan anak itu hidup.'
  • 12:23 Tetapi sekarang ia sudah meninggal. Untuk apa aku berpuasa lagi? Dapatkah aku menghidupkan dia kembali? Akulah yang akan pergi kepadanya, tetapi ia tidak akan kembali kepadaku."




2 comments:

Roby Wijaya said...

Mengubah Tuhan apa maksudnya ?
Mengubah rencana Tuhan ?

Bagaimana dengan doa raja Hizkia yang membuat Tuhan memperpanjang umurnya setelah sebelumnya berkata bahwa Hizkia akan mati dan tidak akan sembuh lagi.

Berulang2 kali Tuhan hendak membinasakan umat Israel di padang gurun, tapi tidak jadi karena doa yang Musa naikkan.

Dan contoh2 lain lagi ?

Roby Wijaya said...

Kita memang tidak bisa memaksa Tuhan, tapi mungkin saja Tuhan mengasihani kita dan mendengar doa kita.

II Samuel: 12:22 Jawabnya: "Selagi anak itu hidup, aku berpuasa dan menangis, karena pikirku: siapa tahu TUHAN mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup.


Memang Tuhan bukan manusia yang bisa ditipu oleh doa-doa dan tangisan palsu tapi Tuhan juga bukan robot yang tidak bisa tergugah hatinya oleh doa kita.