Tuesday, April 10, 2018

Hoa Lu & Tam Coc 1 Day

Salah satu tujuan para turis ke Hanoi, biasanya untuk pergi ke Halong Bay. Ya, Halong Bay merupakan salah satu tempat paling terkenal di Vietnam yang menyedot banyak turis dari berbagai negara setiap tahunnya.

Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk pergi ke Hanoi dalam waktu dekat, tak ada salahnya jika kamu mengambil trip lain selain Halong Bay yang juga menyajikan pemandangan alam Vietnam yang luar biasa indah.

Mata uang Rupiah kita cukup perkasa di Vietnam. Jadi tak perlu risau untuk berpetualang di negeri ini. Kamu bisa menikmati liburan ala koper disini hahaha.

Saat saya ke Hanoi beberapa waktu lalu, saya sempat mengambil paket 1 day tour ke Hoa Lu & Tam Coc melalui The Sinh Tourist. Hati-hati, The Sinh Tourist banyak yang memalsukannya, jadi pastikan kamu benar-benar terhubung kepada The Sinh Tourist yang asli agar kamu tidak kena scam.

Paket tour ke Hoa Lu & Tam Coc (no bicycle) biayanya sebesar 629,000 VND (saya book paket tour melalui website The Sinh Tourist  dan bayar pakai kartu debit dari Indonesia). Kamu akan dijemput pagi-pagi sekali dari tempat penginapanmu di sekitar Hanoi (atau kamu bisa ke kantor The Sinh Tourist di Hanoi) pada pukul 07:45 dan akan diantar kembali ke tempat penginapanmu setelah tour selesai (biasanya tour selesai pukul 17:00). Tour ini sudah mencakup makan siang prasmanan di restoran, guide lokal dan sewa perahu untuk berkeliling Tam Coc river, jadi cukup praktis menurut saya.

Jarak Hanoi ke Hoa Lu & Tam Coc sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mini van. Sepanjang penglihatan saya, hampir semua pengunjung yang ke lokasi ini menggunakan mini van dan terorganisir dalam tour agent (pergi berkelompok). Oh ya, ada juga yang datang kesini pakai Harley Davidson ding... (kumpulan anak touring kayaknya 😀).

Sekarang saya akan bercerita mengenai kedua tempat wisata ini...

1. Hoa Lu


Hoa Lu adalah ibu kota tua dari Vietnam. Disini kamu bisa belajar sejarah dan kebudayaan Vietnam. Ada beberapa temple dan shrine di komplek ini. Bangunan-bangunan kunonya terawat baik dan bersih. Pemandangan disekitarnya juga menakjubkan. Komplek ini dikelilingi bukit-bukit dan sawah-sawah yang indah.


2. Tam Coc


Selesai makan siang, guide akan membawamu ke Tam Coc. Tam Coc adalah sebuah sungai yang mempunyai 3 goa. Untuk menyusuri sungai, kamu harus menggunakan perahu kecil dari aluminium. Sungainya tak dalam dan airnya lumayan jernih. Saat saya kesini, Hanoi masuk musim winter. Suhunya sekitar 10 C dan sedikit berangin. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya kan? Hohoho, saya cukup menggigil di sepanjang perjalanan meski sudah pakai long john, baju, jaket dan penutup kepala. Untungnya pemandangan di Tam Coc benar-benar indah, jadi saya cukup terhibur dan rela 'membeku' selama 1 jam hahaha.


Hal-hal yang harus diperhatikan selama tour:

1. Pihak The Sinh Tourist membekali peserta tour dengan 1 botol air mineral. Jika kamu ingin menambah minuman lain, kamu harus bayar sendiri.

2. Memberi tip/uang jasa adalah hal yang biasa di Vietnam. Meskipun di paket tour sudah termasuk biaya sewa perahu & life jacket, pengebok perahu biasanya minta tip kepada turis-turis yang dibawanya. Beri saja 1 USD untuknya, daripada perahumu dibalik ditengah jalan hahaha.

3. Jika kamu memilih tour yang include bicycle, kamu akan dibawa bersepeda berkeliling desa Tam Coc selama 30 menit. Jika kamu memilih untuk tidak menyewa sepeda, kamu bisa berjalan kaki saja keliling desa sambil menunggu teman sekelompokmu selesai bersepeda. Desa Tam Coc sendiri sudah cukup modern. Ada banyak bangunan beton disana, namun masih banyak sawah juga. Nah menariknya, disini kamu bisa melihat area persawahan diantara bukit-bukit. Indah sekali pokoknya. Biasanya sawah-sawah disini ditanami padi. Tapi saat saya kesana, belum waktunya tanam padi. Padi baru disemaikan di tempat khusus (diselubungi plastik) karena cuaca dan suhu udara masih terlalu dingin. Jika kamu kesini pada waktu yang tepat...saat padi sudah ditanam di sawah dan saat langit biru (saat saya kesana, langitnya mendung melulu), wah pasti makin sugoi deh...

No comments: