Monday, December 21, 2009

(Sekolah Minggu) Jajanan Enak, Belum Tentu Sehat

Oleh : Angelina Kusuma

Teman-teman, tahu nggak sie kalo jajan yang kita beli dari kantin sekolah, dari warung sebelah rumah, dari toko swalayan ataupun supermarket itu, belum tentu sehat lho? Tidak semua makanan enak yang nikmat di lidah kita itu berguna bagi tubuh kita. Kalo kita salah memakannya, bisa jadi itu akan menyebabkan kita sakit di kemudian hari atau membuat tubuh kita tumbuh terlalu gemuk atau kekurangan gizi.

Nah, maka dari itu, sebelum jajan...yuk kita simak beberapa hal di bawah ini agar kita tidak salah makan jajanan yang tidak sehat!

1. Biasakan sarapan pagi

Sarapan pagi sebelum berangkat sekolah itu sangat penting. Dengan mengisi perut sebelum belajar, kita akan lebih mudah berkonsentrasi menerima pelajaran dari guru-guru kita karena perut sudah kenyang. Pilih makanan bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna buat menu sarapan paginya ya. Makanan yang 4 sehat 5 sempurna itu adalah makanan yang terdiri dari makanan pokok seperti nasi, jagung, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya; lauk pauk seperti tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain; sayur mayur seperti kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol, labu siam, dan lain-lain; buah-buahan seperti apel, manggis, markisa, salak, pepaya, dan lain-lain; ditambah susu.

2. Pilih tempat jajan yang bersih

Eits, jangan jajan sembarangan dong. Cari dulu tempat yang bersih dan terlindung dari matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor, serta bebas dari serangga dan sampah. Perhatikan juga kebersihan penjualnya. Penjual yang menjaga kebersihan tubuhnya, biasanya memakai celemek untuk melindungi bajunya dari tumpahan kotoran, memakai sendok/garpu untuk mengambil jajanan yg dijualnya, kuku-kuku penjualnya terpotong rapi dan tidak kotor, tidak merokok/sering meludah ketika menyajikan dagangannya.

3. Beli makanan yang terbungkus rapi kemasannya atau buah yang ada kulitnya

Bungkus kemasan dan kulit, melindungi masuknya kuman dan penyakit ke dalam makanan dan buah dengan bebas. Dibandingkan dengan makanan yang tidak dibungkus dan buah yang sudah dikupas kulitnya, makanan dengan bungkus dan buah yang masih berkulit, lebih sehat dan lebih segar.

4. Membawa bekal jajan dari rumah

Ini yang paling aman. Mama atau orang-orang di rumah kita pastinya mau menyediakan makanan sehat buat kita yang terjamin kualitasnya. Daripada sakit gara-gara kebanyakan jajan di sembarang tempat, lebih baik minta mama dan orang-orang di rumah untuk menyediakan bekal jajan yang enak dari rumah. Selain aman, kita bisa menghemat uang saku untuk keperluan sekolah yang lebih penting lainnya kan?

5. Cuci tangan dan sikat gigi

Kita juga harus melatih kebiasaan baik dari kecil dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya, mencuci tangan sebelum menyentuh makanan/makan dan menyikat gigi dua kali sehari, yaitu sebelum tidur malam dan setelah sarapan pagi. Dengan mencuci tangan sebelum menyentuh makanan/makan, kita membunuh kuman-kuman penyakit yang hinggap di jari-jari tangan kita selama kita bermain dan memegang benda-benda lainnya. Sedangkan dengan rajin menyikat gigi sebelum tidur malam dan setelah sarapan pagi, kita akan membunuh bakteri-bakteri yang ada di mulut kita sehingga mereka tidak ikut masuk ke tubuh kita bersama makanan yang kita telan (nj@coe).




No comments: