Wednesday, December 05, 2018

Halong Bay & Dong Thien Cung Vietnam

Finally, my big dream terpenuhi juga tahun 2018 ini! Apa itu? Yep, nginjek Halong Bay, Vietnam!

Saat saya ada di Raja Ampat, Papua 2 tahun lalu, tiap kali ada temen nge-trip yang nanya, "Setelah ini kamu mau kemana?", saya pasti jawab, "Vietnam"

Why Vietnam? Karena saya udah pernah ke Jepang! Hahaha gak nyambung deh...

Setahun setelah menjelajah Raja Ampat, saya balik lagi ke Hokkaido, Jepang. So, tahun ini akhirnya saya putusin buat ke Vietnam. Tujuan saya cuma pengen ke Halong Bay sebenernya. Tapi mendadak pikiran saya berubah. Gak jadi nginjek satu destinasi, tahun ini saya nginjek 4 negara sekaligus.

Berbekal tiket gratis Air Asia Surabaya - Penang, akhirnya perjalanan saya tempuh dengan overland selama 18 hari. Huh, ini perjalanan saya paling crazy! Saya pergi sendirian alias solo backpacker-an. Saya ngrayap mulai dari Surabaya - Penang - Hatyai - Krabi - Bangkok - Siem Reap - Phnom Penh - Ho Chi Minh City - Dalat - Hanoi - Kuala Lumpur - Penang - Surabaya.

Ada banyak hal yang saya dapat selama di jalan. Ada waktu dimana saya pengen ketawa, tegang, sedih, kesepian, ketemu temen-temen baru sampai modus wkwkwk.

Halong Bay adalah destinasi terakhir yang saya injek sebelum balik lagi ke Indonesia. So, it's really memorable. Apalagi waktu saya nge-trip disini ada kisahnya Si Taksi yang pernah bikin heboh di wall Facebook saya!




Cuaca di Vietnam bulan Januari - Februari 2018 kemarin cukup ekstrim. Suhu udara di Ho Chi Minh City & Dalat masih cukup bersahabat buat saya, sekitar 29C. Tapi begitu saya sampai di Hanoi, alamak...suhunya ngedrop sampai 10C, mana berangin lagi. Hedeh, untung saya udah pantau lewat Accuweather selama di Indonesia. Jadi saya juga bawa Long John buat nangkal dingin. Itu aja saya tetep kelimpungan, karena terbiasa dengan suhu 33C di Ponorogo hehehe.

Cuaca selama saya nge-trip di Halong Bay juga mendung seharian. Arr, dinginnya gak ketulungan men. Anginnya gak enak dirasain. Saya book tour ke Halong Bay & Dong Thien Cung lewat The Sinh Tourist. Karena uang Rupiah perkasa di Vietnam, berasa banget selama nge-trip disini bisa agak high class gitu wkwkwk. Biasa kan ngembel di jalan, sekarang bisa book travel agent cyinn...

Saya diantar jemput dari Hostel selama trip ke Halong Bay. Jadi lumayan bisa menghemat tenaga sih.

Halong Bay sendiri merupakan gugusan karang-karang di tengah lautan, mirip Raja Ampat. Okay, I should be honest, sebenernya Raja Ampat, Papua gak kalah pesonanya dengan Halong Bay, Vietnam. Lebih eksotis punya negara kita malah. Hanya saja, Halong Bay, Vietnam sudah sangat dikelola dengan baik, sehingga pamornya lebih beken ketimbang Raja Ampat. Dong Thien Cung merupakan goa yang indah. Jadi ya, agenda yang dikemas oleh travel agent hari itu adalah pengunjung dibawa berlayar dengan kapal pesiar menuju Halong Bay, disediakan makan siang diatas kapal yang cukup enak dan khas Vietnam, kemudian pengunjung dibawa untuk menyusuri goa dan diantar ke toko merchandise untuk berbelanja oleh-oleh.

Buat kamu yang pengen ke Vietnam, saya rekomendasikan untuk menjelajah Halong Bay & Dong Thien Cung ini. Happy traveling!

No comments: