Monday, June 16, 2008

Tidak Ada Masalah yang Terlalu Kecil Buat Tuhan

Oleh : Angelina Kusuma

Siapakah di dunia ini yang tahu jumlah rambut di kepalanya ? Adakah yang rajin menghitung berapa jumlah rambut yang rontok dari kepalanya setiap hari ? Jawabannya pasti tidak akan ada seorang manusiapun yang mau dan mampu melakukan hal itu. Tetapi bagi Tuhan ? Ternyata Tuhan selalu tahu berapa jumlah rambut yang ada di kepala kita dan yang akan rontok setiap harinya.

Matius 10:30, Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya.

Tuhan kita adalah Tuhan yang 'kurang kerjaan' bukan ? Ia memperhatikan hal-hal yang terjadi dalam hidup kita bahkan yang paling sepele sekalipun. Bagi Dia tidak ada masalah yang terlalu besar, dan bagi Dia yang sama juga tidak ada masalah yang terlalu kecil. Ia bisa berada dalam setiap aspek hidup kita baik perkara besar maupun perkara kecil tanpa terkecuali. Pertanyaannya, apakah kita mampu terus mempercayai pertolongan-Nya baik di setiap masalah kecil yang terjadi di hidup kita sampai masalah-masalah yang terbesar ?

Banyak orang datang kepada Yesus ketika masalah yang dihadapinya sudah menjadi rumit dan besar. Kita juga biasanya menjadi lebih rajin dan tekun berdoa ketika diperhadapkan kepada masalah. Tetapi saat kondisi di sekeliling kita damai, tenang, dan nyaman, dimanakah kerajinan dan ketekunan kita menjalin hubungan dengan Bapa kita di Surga yang begitu tampak luar biasa ketika kita bermasalah itu ?

Setiap kali saya mem-posting artikel tentang isi doa saya ke blog, terkadang ada beberapa orang sahabat yang dengan segera menanyakan apakah kabar saya baik-baik saja hari itu ? Masalah serius apakah yang sedang menimpa diri saya ? Dan pertanyaan-pertanyaan bernada khawatir jika saya sedang mengalami depresi rohani atau masalah berat atau sedang mengalami down.

Saya bersyukur mempunyai sahabat-sahabat yang memperhatikan kehidupan sehari-hari saya sampai hal-hal sekecilnya. Tetapi pertanyaan khawatir dari sahabat-sahabat saya itu justru membuat saya tertawa geli. Betapa tidak ? I will always be fine everyday. Saya tidak pernah menganggap bahwa saya berada di dalam kesulitan meskipun sedang berada di depan gunung masalah sekalipun. Saya tidak pernah merasa takut atau sedih yang bisa membuat saya terlempar dari kasih karunia Tuhan, meskipun semua doa-doa saya tidak dijawab oleh-Nya dan saya harus melewati penderitaan hidup sendirian. Saya mempercayai Tuhan Yesus yang ada di dalam diri saya bisa mengatasi semua masalah yang ada dalam hidup saya setiap saat.

Mungkin bagi kebanyakan orang, keseriusan doa harus saat kita bermasalah saja ? Oh, no ! Buat saya, setiap masalah sekecil apapun itu, Tuhan harus terlibat didalam-Nya. Setiap hari doa saya adalah doa peperangan. Saya tidak pernah menganggap bahwa masalah kecil, tetaplah sepele di hadapan saya. Masalah besar maupun kecil dalam hidup saya adalah peperangan Roh bersama Yesus. Jadi tidak ada yang namanya doa serius, doa setengah serius, ataupun doa tidak serius dalam kamus saya.

Setiap doa adalah serius bagi saya karena saat kita berdoa yang kita ajak berhubungan adalah Bapa kita Yang Maha Kudus. So, baik kita sedang menghadapi persoalan besar maupun kecil, kita juga harus meminta-Nya untuk menemani kita melewatinya. Ia tidak pernah menganggap bahwa jumlah rambut kita sepele dihadapan-Nya sehingga tidak perlu diperhatikan. Ia tetap menghitung rambut di kepala kita dan yang rontok. Ia adalah Tuhan yang tidak pernah membedakan besar kecilnya perkara atau masalah, tetapi tetap perduli dengan keberadaanya seberapapun ukuran dan beratnya bagi manusia.

Nah, bagaimana dengan konsep doa anda ? Pernahkah anda berdoa serius untuk masalah-masalah sepele yang anda lewati hari ini ?



No comments: