Monday, June 30, 2008

Pacar Sibuk Bikin Miss Communication ?

Oleh : Angelina Kusuma

...

Fa : Gw lagi kangen ma pacar gw ... Tapi gw lagi marahan udah seminggu bo'. Pengen baikan tapi gw ogah nyapa duluan. Sementara dia juga ga nyapa gw. Uuurgh sebel

Enjie : Weleh, trus?

Fa : Dia nyuekin gw ... Gw udah buzz YM dia, tapi gw dicuekin ... Sebeeeeeel

Enjie : Jangan buzz dong. Sapa pake kalimat

Fa : Kalo dicuekin gimana? Udah gw panggil namanya, dia diem aja

Enjie : Ya anggep aja orangnya lagi sibuk

Fa : Gw harus gimana? Yang marah duluan kan gw. Kok dia jadi marah gitu ma gw ... dasar ... Padahal butuh kebernian lebih buat nyapa dia loh

Enjie : Lagi sibuk kali. Ya usaha nyapa lagi besok

Fa : Kan gw ga satu kantor bu. Cuma bisa nyapa lewat YM lagi. Aduh ...

Enjie : Ya telpon

Fa : Gw nyesel udah nyapa dia tadi. Uuurgh ... jadi bete deh. YM aja ga mo jawab, apalagi telpon?

Enjie : Kalian tuh aneh. Kok bisa gitu marahan ma pacar lama-lama

Fa : Abis kalo gw marah dia tuh ga nyoba ngejelasin sie. Gw malah didiemin sampe marah gw reda. Tapi gimana dia tau kalo gw udah ga marah kalo dia ga nanya gw? Masa gw nanya duluan ... Tadi barusan gw nyapa duluan gw dicuekin ...

Enjie : Lha itu anehnya. Kalian itu lagi pacaran loh, bukan anak kecil lagi mainan. Kalo gitu terus lha kapan bisa tau kepribadian masing-masing

Fa : Trus menurut loe sapa yang salah? Gw? Gw mesti gimana coba?

Enjie : Dua-duanya salah

Fa : Ok, let's start with me 1st. What should I do?

Enjie : Ya loe harusnya lebih deket ma pribadinya Fa. Loe harus tau lebih dalem soal keluarganya, kerjaannya, keluarganya, temen-temennya. Kapan dia lagi down, kapan dia lagi seneng. Mestinya saat pacaran tuh bisa kebuka ini semua. Jadi ntar kalo naik ke jenjang yang lebih serius udah ga kaget lagi. Lha kalo dikit-dikit marah, cuek-cuekan ... wasting time dong pacarannya

Fa : Makanya, gw kan berusaha nyapa dia nie sekarang ... tapi belum dijawab juga ...

Enjie : Nah berarti loe belum tau dia mendalam kan. Kalo loe didiemin mestinya loe tau sebab kenapa terjadi begitu

Fa : Awalnya gw yang marah-marah sie. Tapi kan sekarang gw mo baikan. Tapi dianya masih nyuekin gitu ... masa iya dari tadi sibuk mulu, sampek bales YM aja ga sempet

Enjie : Kalian masih punya ego sendiri-sendiri sie. Kayak belum niat jadi satu

Fa : Gw punya niat lah. Ok, mungkin kemarin gw salah. Tapi sekarang gw mo memperbaiki. Setelah marahan seminggu gw sadar, gw sayang banget ma dia. Gw paling ga tahan dicuekin gini, jadinya gw emosi lagi

Enjie : Nah, kalo udah pacaran ya ga bole marah lama-lama. Pacaran itu kuncinya komunikasi. Kalo jalur itu sengaja diputusin satu pihak, ya useless usaha kalian bangun relationship. Jadi mestinya meskipun loe marah setengah mati, komunikasi ga bole putus

Fa : Nah itu dia ... Ato jangan-jangan dia ga serius lagi ma gw

Enjie : Gw ga tau Fa. Loe yang harus cari tau soal dia serius ato enggaknya. Dalam pacaran kan kedua belah pihak harus sama-sama aktif biar seimbang. Kalo satu doang yang aktif ya kayak loe gitu, timpang. Dikit-dikit lost contact. Padahal kan mestinya ga bole terjadi saat pacaran tuh. Kalo lagi pdkt mah gpp sekali-kali lost contact

Fa : Trus ... gw mesti gimana sekarang?

Enjie : Ya loe yang harus mendalami pribadinya. Ini ga bisa dijelasin pake kata-kata deh. Yang tau harusnya loe sendiri, apa cara yang pas buat ngertiin dia

Fa : Abstrak

Enjie : Yoi. Kan kalo kita lagi sayang ma orang lain, kayak ada semacam insting reflek ato ikatan batin istilah kerennya. Gw sering ngrasain kayak gitu. Yang terakhir ma D*** juga. Seminggu perasaan gw ga enak, mondar-mandir di FS ga tau sebabnya apa. Tau-tau pas gw buka FS-nya nemu tulisan blog dia soal sakit di lutut kirinya seminggu sebelumnya. Nah, itu yang namanya ikatan batin kita buat orang yang kita sayangi. Meski loe ga dikasih tau keadaan dia, loe bisa ngrasain perasaan dia dari jauh

Fa : Gw kangen. Pegen ketemu dia. Selama in, selalu gw yang marah duluan. Tapi gw nyesel. I mizzz him ...

...

Fa : Yah, dia malah idle. Uuurgh udah ditungguin dari tadi juga ...

Enjie : Lha kan, berarti bener dia ga lagi didepan kompie to?

Fa : Dia tuh tiap hari lembur. Gw jadi jarang ketemu. Dia pasti cape banget, makanya jadi jarang ngubungi gw. Trus gw marah-marah lagi. Abis gw kangen, tapi dia ga usaha ngubungi gw. Gw minta ditemenin nonton, dia lembur ... Hampir ga ada waktu buat gw

Enjie : Ya gantian loe yang ngubungi dialah kalo dia sibuk

Fa : Iya sie, tapi kadang gw emosi duluan. Telpon, trus marah-marahin dia. Nyesel sie. Gw suka maksa-maksa dia nganter kesini kesitu. Abisnya kalo ga gitu dia sibuk melulu. Tapi dia emang super sibuk. Kadang gw ngrasa dicuekin. Tapi mungkin dia mikir gw yang ga bisa ngertiin dia. Jadinya marahan deh

Enjie : Itulah susahnya kalo punya hubungan ma orang sibuk. Resiko juga. Loe harus belajar ngertiin dia and sabar. Tapi sesibuk apapun orang kalo udah sayang ma orang lain pastinya dia juga nyempetin diri buat telpon sie

Fa : Pernah dia ngubungi gw tapi gw marahin. Abis gw udah lama nunggu dia ngubungi gw, dia baru nongol

Enjie : Haiyaaaaaaa

Fa : Kenapa gw gampang emosi ya. Apa karena gw terlalu sayang ma dia?

Enjie : Bukan. Sayang yang bener tuh ga kayak gitu

Fa : Gw sekarang lagi berusah berprasangka baik, tapi berat ya bo'

Enjie : Harus terus belajar Fa. Ga ada yang instant

Fa : Belajar apa?

Enjie : Ngendaliin emosi ma ngertiin dia tadi

Fa : Iya, gw mo belajar, tapi sekarang mata gw udah mulai 5 watt YM dia masih idle juga. Gimana dunk? Dia tuh lembur sampe pagi loh ...

Enjie : Yo besok lagi to

Fa : Ga nunggu jawabannya sekarang? Ato gw sms aja ... aduh gimana kalo ga dibales

Enjie : Walah napa gengsi sms pacar sendiri sie? Itu kesalahanmu kalo masih ada gengsi-gengsian gitu

Fa : Gw takut ga dibales

Enjie : Kan udah gw bilang tadi, kalo udah pacaran itu mulai tingalin ego masing-masing. Kalo ga dibales sekarang ya coba besok lagi. Yang penting kan ada itikad baik buat memperbaiki komunikasi

Fa : Hmnnn yo wislah ... semoga dapat kabar baik secepatnya. Tx ya jeng. Bye-bye

Enjie : Ok, bye-bye



No comments: