Tuesday, August 10, 2010

Lucky and Expert

Oleh : Angelina Kusuma

Tidak pernah terpikir oleh saya sebelumnya, bahwa Multiply akan membawa keberuntungan buat saya. Multiply adalah salah satu hosting blog yang menyediakan fasilitas free blog maupun paid blog bagi penggunanya. Sejak 3 tahun lalu, saya tergabung di Multiply dan menikmati akses free blog-nya. Saat saya pertama kali bergabung ke hosting ini, terus terang tujuan saya hanyalah iseng. Saya cinta dengan dunia tulis-menulis dan media blog adalah media paling cocok (karena gratis and nggak ribet kalo diutak-atik) untuk wadah tulisan-tulisan nggak penting saya setiap hari :p (saat itu pengene langsung bikin website aja sie, tapi sayangnya saya 'geblek' soal html and coding...jadi go blog wae lah hehehe).

Saya mempunyai banyak blog di internet dari berbagai hosting blog yang berbeda-beda (selain suka bereksperimen dalam tulisan, saya juga suka berkesperimen dalam hosting blog :D). Tapi entah kenapa, sejak pertama nge-blog sampai sekarang, blog yang di Multiply-lah yang saya pilih sebagai the real home page. Sedangkan blog-blog lainnya hanya saya isi copy-an dari tulisan-tulisan yang sudah terpasang di Multiply sebelumnya.

Beberapa hari lalu, atas rekomendasi adik, saya bergabung di sebuah ajang iklan jual dan beli di internet dengan bayaran $5 sekali task. Di ajang ini, setiap member-nya bebas menjual jasa/barang apa pun dengan bayaran tak lebih dari $5. Setelah bergabung saya pun menulis jasa dagangan saya, "I will create you blog at Multiply for $5". Hahaha, saya tidak benar-benar mengharap akan mendapat bayaran $5 untuk membuat blog di Multiply melalui ajang ini awalnya. Lha wong buat sendiri aja pasti bisa kok :D. Kan gampang banget bikin blog :p. Makanya saya lantas tidak ambil pusing dengan ajang pengiklanan ini dan tentang jasa dagangan yang sudah saya tulis disana. Tapi begitu lewat sehari setelah iklan saya terpasang, tiba-tiba saya mendapat email dari pengelola iklan yang menyatakan bahwa saya mendapatkan order dari seseorang untuk membuat blog di Multiply. Dengan wajah o'on saya membalas email dari peng-order itu dan meminta daftar keinginannya untuk keperluan pembuatan blog Multiply-nya. Saya benar-benar tak menyangka akan mendapat order membuat blog Multiply seperti itu hihihi :D.

Capz...cipz...cupz...akhirnya saya bisa mengerjakan order pertama yang saya dapatkan sehari setelah memasang iklan 'gokil' itu hanya dalam tempo 30 menit :p. Bagi saya, membuat blog di Multiply yang sudah saya geluti hampir setiap hari selama 3 tahun itu nggak perlu waktu lama-lama lagi. Saya sudah hafal betul dimana letak tombol-tombol untuk mem-posting journal, memasang foto, merubah header & welcome note, me-link video dari youtube, mengaktifkan fasilitas shop online-nya dan lain-lain. Karena saya sudah praktek setiap hari disitu, akhirnya jadilah saya salah satu an expert for blogging on Multiply hahaha.

Saat membaca feedback, "I'm completely satisfied with her service! Thanks very much" dari pembeli jasa saya untuk membuat blog Multiply untuknya, saya langsung meringis :D. Apalagi saat melihat $4 (setelah dipotong fee $1 untuk pengelola iklan) yang mengalir masuk ke revenue saya. "Cuma ngerjain hal sepele aja ternyata bisa jadi $. Gampang banget yak...", pikir saya :p.

Dulu, saya pernah mendapat komentar setengah 'miring' dari seorang sahabat saya ketika saya bersedih karena akses Multiply di block oleh internet provider saya. Katanya, "Hidupmu kok tergantung banget sama Multiply". Hihihi saya tahu dia sedang bercanda saat mengucapkan kata-kata itu. Dan saya juga tidak punya alasan lain untuk menyanggah kata-katanya.

Saat itu saya memang sedang getol-getolnya nge-blog di Multiply. Setiap kali online di internet, yang saya buka pasti blog Multiply. Membalas komentar dari teman-teman MPers dan blog walking ke blog-blog mereka sudah membuat saya kecanduan ngendon disana setiap harinya (ini terjadi sebelum facebook berjaya di internet :p). Karena itulah, saya sempat ngamuk-ngamuk nggak jelas ketika internet provider saya mem-block akses Multiply hanya karena kasus beredarnya film Fitna karya politikus Belanda, Geert Wilders. Film ini berisi pandangan mengenai Islam dan Qur'an yang disinyalir dapat memberi kesan negatif bagi penganut agama Islam dan mengakibatkan ISP Telkom Speedy (internet provider yang saya pakai) dan Indonet melakukan pemblokiran terhadap situs Youtube, Multiply, MySpace, Metacafe, Liveleak, situs resmi film Fitna dan Rapidshare. Sigh, annoying...(hayo, sapa yang masih inget kasus ini? :D).

Setelah kejadian itu lewat 3 tahun dan ternyata kini kemampuan ber-Multiply saya bisa menghasilkan $, rasanya saya ingin koar-koar 'nyongbong' dibuatnya wkwkwk, "Nggak sia-sia kan jon gue bela-belain ngendon di Multiply tiap hare selama tige tahun neh...tuh buktinya gue bisa ngasilin $ cuma ber-Multiply ria" hahaha :D.

Temans, jangan pernah menganggap remeh hal-hal kecil yang sedang kamu lakukan sekarang. Kita tidak tahu kapan datangnya faktor keberuntungan itu. Tapi kita bisa selalu bersiap sedia untuk menyambutnya dengan mengusahakan yang terbaik dalam segala hal yang sedang kita kerjakan sekarang. Saya juga tidak pernah menyangka sebelumnya kalo kemampuan mengelola blog Multiply pun bisa menghasilkan $ suatu saat nanti. Ini hanyalah sesuatu hal yang kecil...sepele...nggak ada artinya...cuma sekedar iseng awalnya. Tapi kalo bisa ngasilin $ seperti sekarang siapa yang nggak berdecak kagum and heran bin geleng-geleng kepala? :D.

Salah satu prinsip hidup saya adalah mau belajar sampai menjadi ahli. Buat apa menjadi orang dengan kemampuan rata-rata kalo kita bisa mem-push diri kita sampai menjadi ahli di setiap bidang yang kita tekuni. Ya nggak? ;).

So guys...be an expert! Keberuntungan akan mengejar orang-orang expert bukan orang-orang yang biasa-biasa wae...okay hehehe :D.



*Kesengajaan penyebutan nama-nama dalam tulisan ini bukan untuk tujuan promosi, hanya sebagai keterangan pendukung tulisan aja.

2 comments:

Anonymous said...

wow.. mantap banget teh.. :)
selamat yaa.. :)
btw, tu masang iklannya dimana mangnya teh?:)

Enjie said...

Search aja fiverr