Sunday, July 12, 2009

Pesona Telaga Sarangan dan Air Terjun Tirtosari Magetan


Oleh : Angelina Kusuma

Sekali merengkuh dayung, dua tempat wisata alam nan elok akan anda dapatkan; begitulah kira-kira pepatah yang tepat diungkapkan jika anda berkunjung ke Telaga Sarangan Magetan. Selain pemandangan telaga yang indah, anda juga bisa menikmati segarnya Air Terjun Tirtosari yang berjarak sekitar 2,5 km sebelah Barat Daya Telaga Sarangan (berada dalam satu kawasan).

Telaga Sarangan Magetan sudah cukup terkenal sebagai salah satu tempat wisata favorit keluarga di Jawa Timur. Letaknya di pertengahan jalan antara kota Madiun (Jawa timur) dan Solo (Jawa Tengah). Karena berada di lereng Gunung Lawu, telaga yang luasnya 30 Ha dan ketinggian 1000 m diatas permukaan air laut ini mempunyai air yang dingin dan suhu udara sangat sejuk sekitar 18-25 derajat Celsius (pada malam hari bisa terasa sangat dingin).

Fasilitas di Telaga Sarangan Magetan

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengelilingi Telaga Sarangan Magetan. Di pinggir telaga, banyak disewakan speed boat dan juga sepeda air berbentuk bebek bagi para pengunjung yang ingin mengelilingi telaga dengan angkutan air. Selain itu, anda juga bisa menyewa jasa penyewaan kuda atau delman jika ingin berkeliling telaga melalui jalan darat.

Tempat penginapan di sekitar Telaga Sarangan Magetan cukup lengkap dan memadai. Banyak pilihan yang bisa dipilih, mulai dari hotel kelas melati dengan harga bersaing per malamnya, hotel bintang dua yang agak lux, sampai villa-villa pribadi yang bisa disewa sampai beberapa hari sesuka anda. Ada juga area bermain anak lengkap dengan taman bunga dan tempat-tempat duduk yang cukup nyaman untuk dipakai menikmati suasana telaga setiap saat.

Air Terjun Tirtosari


Tak jauh dari Telaga Sarangan, ada pintu masuk lain menuju obyek wisata berupa air terjun, yang berada dekat dengan sebuah monumen pesawat terbang. Perjalanan menuju air terjun bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor sejauh 1,5 km, selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki lagi sekitar 1 km. Jalan setapak menuju air terjun ini termasuk mudah dilewati karena sudah dibangun dengan baik. Hanya saja, ketinggian tanjakan dan tingkat kemiringan bukit yang dipunyainya cukup menguras banyak tenaga saat melewatinya.

Sepanjang jalan menuju air terjun, terdapat banyak lahan pertanian sayur-mayur seperti wortel, kol, sawi, dan seledri yang dikelola oleh masyarakat setempat. Di lokasi air terjunnya sudah dibangun dua anak tangga dari beton sehingga mudah dilewati oleh para pengunjung. Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat, membasuh muka dengan air dari air terjun tersebut bisa membuat seseorang awet muda dan tampak cantik.

Terlepas dari mitos tersebut, guyuran air dari Air Terjun Tirtosari ini memang terasa dingin dan menyegarkan tubuh yang penat sehabis menempuh perjalanan berat penuh tanjakan sebelumnya.

Wisata kuliner

Sate kelinci merupakan menu makanan utama yang ditawarkan disekitar Telaga Sarangan Magetan. Hampir setiap warung atau restoran yang ada disana menyajikan jenis makanan ini dengan harga yang bervariasi. Harga seporsi sate kelinci (10 tusuk) biasanya sekitar Rp. 6.000,- atau diatas itu sedikit. Pandai-pandailah menawar harga dengan penjual satenya atau cari warung makan yang berani memasang harga dari menu makanan yang mereka sajikan agar tidak tertipu. Selain sate kelinci, jagung bakar dan wedang ronde juga layak untuk dinikmati sembari bersantai di tepi telaga atau di sekitar air terjun yang berudara sejuk.

Sebagai oleh-oleh, banyak pilihan yang bisa anda bawa pulang. Mulai dari tanaman hias beraneka bentuk dengan harga terjangkau, kue-kue seperti Carang Emas atau Brem, berbagai pernak-pernik atau aksesoris kerajinan tangan; tas, pakaian, topi, buah-buahan seperti jeruk dan strowberi, sampai bermacam sayur-mayur yang masih segar dan murah hasil pertanian dari masyarakat sekitar Telaga Sarangan Magetan.

Rute perjalanan

Jalan menuju Telaga Sarangan Magetan sudah beraspal dan mudah dilalui sepeda motor atau angkutan umum lainnya. Dari kota Surabaya, anda dapat menempuh rute perjalanan sebagai berikut: Surabaya - Mojokerto - Jombang - Kertosono - Nganjuk - Madiun/Ngawi - Magetan (kota) - Telaga Sarangan. Dari kota Ponorogo, ada dua pilihan rute perjalanan; satu lewat Ngawi - Magetan (kota) - Telaga Sarangan dan satu lagi lewat Madiun - Magetan (kota) - Telaga Sarangan. Untuk arah dari Jawa Tengah bisa menempuh perjalanan lewat Maospati - Magetan (kota) - Telaga Sarangan atau lewat Karanganyar - Solo (Tawangmangu) - Cemoro Sewu Gunung Lawu - Telaga Sarangan (nj@coe).



10 comments:

Dian said...

Ya memamng telaga sarangan itu bagus dan tentunya dingin banget cuma jalannya cukup menanjak banget ya mana lagi kiri kanannya juga da jurangnya hehehe kadang2 jadi ngereri. Salam kenal ya, kebetulan aku lagi BW

Enjie said...

Kalo bagus-bagusan sie masih bagus Telaga Ngebel Ponorogo kok. Kondisi telaganya lebih alami dan jauh lebih luas dibandingkan Telaga Sarangan. Kelebihan Sarangan karena dia udah diekspos banyak oleh media dan fasilitas penginapan + rumah makannya lebih banyak :).

Tx udah mampir ya ^_^

Anonymous said...

hii q puput
kayakna asik juga yach kalo liburan ke cana, tapi rumahku kan jauh dari telaga sarangan. kira-kira da penginapan yang murah gak sih, dibawah seratus ribu gitu hehehe

Enjie said...

Hi Puput...

Wah banyak...tarif sewa hotel kelas melati di Telaga Sarangan murah-murah kok. Yg dibawah 100 ribu semalam juga ada. Tinggal searching aja...ga rugi deh :)

Uleng Utari said...

salam kenal dr mkasar, sy skrg di ponorogo jenguk adek di Gontor, lg nyari tempat rekreasi di dekat2 sini,kalo Telaga ngebel gak ada air terjunnya kan? berarti lbh bgs Telaga Sarangan ya?

Enjie said...

Di Telaga Ngebelnya ga ada air terjun di lokasi yg sama. Tapi...sebelum sampai di obyek wisata Telaga Ngebel itu ada jalan menuju tempat wisata Air Terjun Tirtomoyo (dekat Ngebel) atau Air Terjun Pletuk yg letaknya di Sawoo. Enjoy to visiting Ponorogo ;)

pita shop said...

jalan naik ke air terjunnya yg lama, n melelahkann..
makasihh yya infonya.. ak jdi bisa ngerjain bhs inggris... hahahahau

pita shop said...
This comment has been removed by the author.
Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 said...

Sip :D Saya sekarang sedang ikutan kontes seo smasa magetan. Dukung saya ya :D

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

http://www.devildivinity.blogspot.com/2011/07/pesona-wisata-dan-kerajinan-magetan.html

Sundul said...

Kalau berkunjung lagi ke Magetan silahkan mampir di Blog SUNDUL Gan