Tuesday, October 07, 2008

Hobby Sebagai Ladang Usaha

Oleh : Angelina Kusuma

Apa yang menjadi hobby anda selama ini? Menulis? Olah raga? Memasak? Menjahit? Menanam pohon atau bunga? Bermain games? Memancing? Fotografi? Mengkoleksi sesuatu, seperti uang logam kuno, sepatu, tas, boneka, atau perangko? Jalan-jalan? Otomotif? Bermain musik? Surfing di internet? Menonton film?

Apapun hobby anda - yang tidak membahayakan kehidupan manusia, seperti narkoba dan miras tentunya - bisa dirubah menjadi ladang usaha yang berpotensial bagi anda. Kemarin, adik saya bercerita mengenai kisah temannya yang mempunyai hobby bermain games dan bisa menghasilkan uang darinya. Selama ini jika kita mendengar kata games, yang pertama terlintas di otak kita kebanyakan adalah nilai negatifnya. Games memang bisa membuat kita terlena dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk sesuatu yang dipandang sia-sia oleh dunia. Tetapi coba bayangkan jika anda telah menjadi seorang master games? Apakah keahlian anda itu tetap menjadi kebiasaan yang sia-sia dan bernilai negatif melulu?

Teman adik saya itu masih menempuh bangku kuliah di sebuah universitas negeri saat ini. Ia berhasil menjadi salah satu penulis tutorial games di sebuah majalah games terbesar di Indonesia yang terbit setiap sebulan sekali. Kemampuannya menguasai games telah menjadikannya salah satu master dan mendulang uang dari hasil tulisan-tulisannya. Usaha yang tengah saya tekuni saat ini juga bermula dari sekedar hobby biasa. Hobby saya ber-surfing di internet, membawa saya untuk mendirikan sebuah warung internet di kota kelahiran dan akhirnya bisa menghidupi saya beserta keluarga dari unit usaha yang 2,5 tahun lalu saya dirikan itu.

Hobby bisa menjadi daya pendorong yang hebat bagi keinginan anda menekuni dunia usaha. Segala sesuatu jika dijalani dengan hati gembira akan mempunyai life time yang lebih abadi. Demikian juga jika anda menekuni ladang usaha dari hobby anda. Pastinya, anda akan terdorong untuk selalu antusias menjalaninya dari hari ke hari.

Teman adik saya tidak menemui kesulitan yang berarti dalam menjalani pekerjaan sambilannya sebagai penulis tutorial games karena games memang sudah menjadi bagian dari hidup yang dicintainya. Saya juga tidak mengalami banyak hambatan dalam mengelola warung internet yang saya dirikan ini karena saya sudah mendapatkan kepuasan tersendiri dengan fasilitas internet gratis selama 24 jam yang saya peroleh dari sana selain laba dari menyewakan jasa internet kepada para user yang membutuhkan.

Hobby saya yang lain, juga pernah mengantarkan saya menjadi seorang cerpenis di sebuah majalah berbahasa Jawa saat SMU. Mendapati cerpen karya sendiri dimuat di majalah sekaligus mendapat sejumlah honor karenanya, membuat saya tidak pernah absen sedikitpun dari kegiatan tulis-menulis sampai hari ini. Selain saya dan teman adik saya, juga banyak pengusaha sukses yang berawal dari hobby belaka. Banyak toko buku yang didirikan oleh mereka yang hobby membaca, banyak toko makanan yang dibangun oleh mereka yang hobby memasak, banyak toko bunga yang dikembangkan oleh para pencinta bercocok tanam, banyak toko fashion yang dibuat oleh mereka yang gemar memperhatikan trend fashion, dan lain-lain.

"Sambil menyelam, minum air", itulah pepatah yang tepat untuk menggambarkan mereka-mereka yang sukses 'menguangkan' hobby mereka. Jadi, jika anda mempunyai hobby unik dan ingin sekaligus membangun ladang usaha sendiri, kenapa tidak mengawalinya dari sesuatu yang anda sudah anda tekuni dan anda gemari itu? (nj@coe).

No comments: