Saturday, March 14, 2009

Anti Mati Gaya!

Oleh : Angelina Kusuma

Pernah ngrasain sayur asem tanpa garem? Huf, rasanya pasti sama sekali nggak enak alias hambar. Nah, pernah ngrasain hidup yang terasa hambar seperti sayur asem tanpa garem itu? Sekali atau dua kali kita juga pasti pernah merasakannya.

Sering berdoa, tapi seperti bicara pada diri sendiri bukan sedang berhubungan dengan Tuhan. Bisa berjalan ke kanan/ke kiri tapi nggak ada tujuan yang jelas. Aktif pelayanan atau bekerja tapi hanya sekedar rutinitas. Semuanya ada, tapi terasa kosong, tak bermakna. Sesuatu yang hambar, tidak akan disukai oleh siapapun. Hidup yang berjalan monoton juga pasti tidak kita harapkan.

Easygoing in life

Dunia ini terdiri dari berbagai macam karakter manusia dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, tapi hanya akan ada dua pilihan cara hidup; yaitu yang tak tergoyahkan dan yang mudah goyah. Easygoing in life artinya living without undue worry or concern.

Kita sering kali kalah menghadapi suatu masalah karena tertipu oleh pikiran kita sendiri. Apa yang menyetir kehidupan kita hari ini? Worry? Concern? Atau sorrow? Ketiga hal tersebut bukanlah masalah yang datang dari dunia luar tapi justru masalah yang kita buat sendiri di dalam pikiran kita.

Orang yang memilih cara hidup tak tergoyahkan, harus belajar menjalani hidup dengan easygoing. Menanggalkan pola pikir yang sarat akan kekhawatiran, kecemasan, dan kepedihan dan 'bermain-main' dalam setiap masalah di hidupnya, karena dalam masalah-masalah yang terjadi itu selalu terkandung pembelajaran penting yang harus kita 'nikmati', bukan dijauhi.

"Do not take life too seriously; you will never get out of it alive" - Elbert Hubbard

Memandang terbalik

Pelangi tidak akan muncul jika cuaca terang-benderang. Ia baru ada setelah turun hujan. Kehidupan yang baik juga tidak akan teruji tanpa adanya kerikil-kerikil masalah. Warna-warni pelangi baru nampak dalam hidup ketika kita bisa memandang sampai menembus batas kemustahilan.

- Sekarang kehilangan pekerjaan, berarti besok pasti memperoleh pekerjaan yang lebih baik.
- Kemarin kecurian, berarti hari ini pasti mendapat berkat yang lebih besar.
- Hari ini dimarahi karena satu kesalahan, berarti besok pasti tidak akan dimarahi lagi karena kesalahan yang sama karena sudah lebih berhati-hati.

Memandang sesuatu dengan cara kebalikan dari negatif, akan membuat kita lebih ringan menghadapi kehidupan ini.

"There are only two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle" - Albert Einstein

Bersiap melakukan hal-hal baru

Hidup monoton banyak disebabkan karena kita terjebak dalam rutinitas sehari-hari. Rumah - perjalanan - sekolah/kantor - perjalanan lagi - rumah lagi, aktivitas seperti ini lambat laun akan menurunkan kreatifitas kita. Rutinitas bisa membunuh orang-orang ke dalam jebakan kejenuhan dan stagnasi. Kita perlu melakukan hal-hal baru yang tidak seperti biasanya untuk memacu ide-ide segar setiap harinya.

Cara hidup yang tak tergoyahkan harus berani menghadapi tantangan. Perubahan sekecil apapun yang kita lakukan pada sikap dan tindakan kita, bisa merubah seluruh kehidupan kita. Dulu sebelum saya menyukai olah raga basket, saya sering terkena sakit flu. Tapi setelah rajin turun ke lapangan men-drible bola itu, berangsur-angsur saya mulai kebal terhadap penyakit flu dan lebih sehat karena otot-otot tubuh saya mendapat latihan jasmani yang cukup.

Banyak hal baru yang juga saya pelajari akhir-akhir ini seperti memasak, bercocok tanam, dan fotografi. Ketika saya belajar hal-hal yang jarang saya lakukan sebelumnya itu, ide-ide untuk menulis pun selalu ada dan tak pernah habis. Saat bekerja pun terasa lebih bersemangat. Tantangan mencoba hal-hal yang belum pernah saya lakukan itu secara otomatis membuat otak saya bekerja lebih giat menghasilkan terobosan-terobosan yang membuat hidup semakin berwarna-warni.

"Thoughts lead on to purposes; purposes go forth in action; actions form habits; habits decide character; and character fixes our destiny" - Tryon Edwards


Jangan takut menghadapi masalah! Kehambaran, rutinitas, dan kemonotonan hidup bisa kita buang jauh-jauh jika kita mau merubah isi pikiran kita dan mencari kegiatan yang fresh dan membangun. Teriakkan, "Anti mati gaya!". Jadikan hidupmu lebih hidup dengan menghidupinya di setiap detik yang sudah/sedang/dan akan bergulir. Apapun yang terjadi, smilee...^_^.



2 comments:

rangkayo said...

Anti Mati Gaya ! itu adalah suatu cara untuk menikmati hidup.

Salam Kenal ! Tulisan Anda cukup baik, bolehkah aku taruh di webku ?

Enjie said...

Silahkan :)