Monday, January 09, 2017

Cara Mengatasi Rasa Sakit, Kecemasan, Depresi dan Stress

Deraan masalah demi masalah bisa membentuk seorang pahlawan gagah perkasa atau seorang pesimistis. Semuanya tergantung dari respon orang tersebut terhadap masalah yang sedang dihadapinya, apakah masalah itu membuatnya berfokus kepada Tuhan atau justru membuat fokusnya tetap kepada besar/rumitnya masalah.

Orang yang terus memandang kepada Yesus, akan tetap tegak berdiri sebesar apapun gelombang yang menerpanya. Sebaliknya, orang yang memandang kepada masalahnya, bisa terjungkal hanya karena sebuah kerikil.

Hanya Kasih Sejati yang bisa membebaskanmu dari rasa sakit, cemas, depresi dan stress

1. Bersukacitalah senantiasa

1 Tesalonika 5:16, "Bersukacitalah senantiasa"

Saat kita menghadapi badai pencobaan, tersenyum saja rasanya sulit. Apalagi bersukacita? Tapi firman Tuhan berkata bahwa kita harus bersukacita senantiasa! Sukacita kita tidak boleh berdasarkan keadaan, tapi hanya kepada Tuhan saja. Kalo kita bersukacita hanya berdasarkan keadaan, saat keadaan menjadi buruk, buruk jugalah wajah kita karena senyum saja pasti tak bisa. Lain jika kita menaruh sukacita kita kepada Tuhan, mau senang atau susah keadaannya, kita tetap bisa tertawa.

2. Tetaplah berdoa

1 Tesalonika 5:17, "Tetaplah berdoa"

Doa seharusnya menjadi satu-satunya 'pelarian' bagi orang percaya. Saat kamu diperhadapakan dengan sebuah keadaan yang sepertinya tak berpengharapan, just remember this one, pengharapanmu haruslah terus didalam Tuhan yang mengetahui masa lalu, masa kini dan masa depanmu. Inilah alasan kenapa kita harus tetap berdoa apapun keadaannya. Karena memang hanya Tuhanlah yang paling mengerti kita sedetail-detailnya, karena Dia yang menciptakan kita!

3. Mengucap syukurlah dalam segala hal

1 Tesalonika 5:18, "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu"

Tuhan sangatlah mengasihimu. Dia tergila-gila kepadamu sampai Ia rela meninggalkan tahta-Nya di Surga untuk menebusmu dan memberimu keselamatan kekal. Dia selalu ingin memberimu yang terbaik. Mungkin yang terbaik yang Tuhan beri tidaklah sama dengan apa yang kamu inginkan, tapi percayalah, itu yang kamu butuhkan untuk kelangsungan hidup. Jadi bersyukurlah dalam segala hal. Praise Him loud!

Kamu bukanlah satu-satunya orang di dunia ini yang mengalami masalah. Semua orang punya masalah dan salib yang harus dipikulnya. Lakukan bagianmu yaitu bersyukur...dan biarkan Tuhan melakukan bagian-Nya juga yaitu mencukupi semua kebutuhanmu.

4. Janganlah padamkan Roh

1 Tesalonika 5:19, "Janganlah padamkan Roh"

Banyak orang menjadi kecewa dan tawar hati saat Tuhan tidak menjawab doanya sesuai dengan keinginannya. Tapi kamu, janganlah padamkan hubunganmu dengan Tuhan hanya karena Dia memberimu yang lain dari harapanmu. Hei, siapakah kita sampai kita kecewa kepada-Nya. Kita masih diberi nafas hidup saja seharusnya bersyukur. No no no, kamu tidak boleh ngambek sama Tuhan! Sepahit apapun kejadian di hidupmu, kamu tetap dicintai oleh Tuhan! Justru saat Tuhan mengizinkan sebuah pencobaan melanda hidupmu, artinya Dia tahu bahwa kamu layak untuk naik level.

C'mon, menyelamlah lebih dalam lagi dalam hadirat Tuhan dan dapatkan sesuatu yang paling berharga dari-Nya yaitu hubungan yang intim dengan Roh-Nya. Itu saja yang perlu kamu kejar dalam hidup ini. Kejar Tuhan, kejar hadirat-Nya, bangun hubungan yang indah dengan-Nya.

No comments: