Wednesday, January 25, 2017

Jangan Ngaku Cinta Tuhan Kalo Nggak Nglakuin Ini

Cinta bisa menggerakkan seseorang untuk melakukan apa saja demi yang dicintainya. Mulai dari nglakuin hal-hal yang bodoh, gila sampai mengorbankan nyawa juga kalo perlu (eits!). Pokoknya kalo udah 'I lop yu pull', tahi kuda rasa coklat katanya (hahaha).

God is love

Berapa lama kamu jadi orang Kristen? Sejak lahir? Wow, that's good! Sekarang pertanyaannya, kamu cinta Tuhan nggak?

Cinta kepada Tuhan itu juga sama kayak orang pacaran. Butuh pdkt, perlu nge-date, harus saling mendengar dan terbuka satu sama lain, ada komitmen, juga perlu pembuktian!

Iyess, jangan ngaku kamu cinta Tuhan setengah hidup kalo kamu nggak nglakuin hal-hal ini...

1. Baca Alkitab

Berapa banyak buku yang udah kamu baca sepanjang hidupmu? Jenis buku apa saja yang menarik minatmu? Buku-buku pengembangan diri kontemporer-kah? Buku-buku bisnis? Novel-novel romantis? Atau...hanya sebatas buku-buku sekolah/kuliah? (bah, pemalas kau!).

Saya sudah pernah sekali tamat membaca Alkitab dari Kejadian - Wahyu selama setahun. Tahun ini, saya berencana untuk menamatkan Alkitab saya untuk kedua kalinya. Tapi sekarang saya mempercepat waktunya, bukan setahun tapi hanya 6 bulan!

Mazmur 119:97, Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.


2. Sa-Te

Sa-Te disini bukan sate ayam ato sate kambing ya, tapi Sa-Te ini adalah singkatan dari Saat Teduh...waktu untuk berdua saja dengan Tuhan, nge-date sama Dia gitu deh...

Waktu Sa-Te saya ada dua, pagi hari (setelah bangun tidur) dan malam hari (sebelum tidur). Kadang kalo ada waktu di siang hari, saya juga mengambil waktu untuk Sa-Te kemudian dilanjutkan dengan acara bobok cantik (hehehe).

Sa-Te itu isinya nggak cuma doa minta ini itu doang ke Tuhan, tapi mengizinkan Tuhan bicara juga. Dengar-dengaran dengan Tuhan butuh disiplin dan latihan. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan berdua dengan-Nya, kamu akan semakin peka dengan suara-Nya. Plus-nya lagi, hidupmu akan semakin efektif! Karena kamu nggak perlu nglakuin hal-hal yang tak perlu kamu lakukan.

Mazmur 143:8, Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku.


3. Beribadah

Gimana bisa bilang cinta Tuhan tapi ibadahnya bolong-bolong? Nggak mungkinlah. Saya punya komitmen khusus untuk selalu mencari Tuhan pertama kali di setiap tempat yang saya pijak. Meskipun kadang saya kurang suka dengan cara si pengkotbah menyampaikan kotbahnya, saya akan tetap beribadah ke gereja sebagai rasa syukur dan ungkapan cinta saya kepada Tuhan. Tidak bisa hadir ibadah Minggu sekali saja rasanya nggak rela! Jika saya terpaksa melewatkan ibadah hari Minggu karena sesuatu hal diluar kendali sebagai manusia, saya akan berusaha mencari kotbah pengganti melalui internet, YouTube atau minta dikirimi catatan kotbah sama teman.

Mazmur 26:8, TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.


4. Berdoa

Yep, Sa-Te dan berdoa itu beda. Kalo Sa-Te itu saatnya kita mendengar Tuhan, kalo berdoa itu waktunya kita menyampaikan isi hati kita kepada Tuhan. Daripada kamu menghabiskan waktu berjam-jam buat curhat nggak jelas ke orang lain, nulis status galau di sosmed/blog, lebih baik pakai waktumu buat curhat langsung ke Tuhan. Dia punya banyak waktu buat dengerin kamu dan nggak akan membuatmu kecewa. Kalo punya masalah/pengen sesuatu, ngomong aja sama Dia...berdoa! Banyak berdoa banyak berkat, sedikit berdoa sedikit berkat, tidak berdoa, ya tak ada berkat.

Mazmur 102:2, TUHAN, dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepada-Mu.


5. Memuji dan menyembah

Penyembahan yang benar lahir dari hati yang rindu akan hadirat Tuhan, bukan sekedar buka suara dan nyanyi sebuah lagu. Tak perlu latihan vokal ato jadi penyanyi dulu untuk jadi penyembah. Biarkan mulutmu memuji dan menyembah Dia dengan tulus dan apa adanya.

Mazmur 145:2, Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.


6. Menjadi pelaku firman

Pelaku firman artinya melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Apa yang Tuhan sukai, pasti akan kamu sukai dan apa yang Dia benci haruslah kamu jauhi juga. It's that simple. Baca Alkitab sesering mungkin agar kamu tahu apa yang Tuhan kehendaki dalam hidupmu. Jadikan firman Tuhan sebagai gaya hidupmu sehari-hari. Tuhan memberikan kita keselamatan secara cuma-cuma/gratis tapi kita harus bayar harga untuk mengerjakan keselamatan itu.

Mazmur 119:9, Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.


Tuhan sudah menunjukkan kasih-Nya yang besar kepadamu dengan mati di salib untuk menebus dosa-dosamu. Now is your time to show your love for Him. Make Him proud to have you! 

No comments: